Berjuang dari Nol, Ini 5 Pesepak Bola Top Indonesia Merintis Karir Dari Bawah

Destriana Indria Pamungkas/Net Karanganyar
5 Pemain sepakbola yang merintis karir sepakbola dari nol (Foto: instagram)

4. Egy Maulana Vikri


Egy Maulana Vikri (Foto: Instagram)

Mesin gol milik Shin Tae-yong ini pernah hampir mengubur impiannya menjadi pemain sepakbola karena keterbatasan biaya. Kala itu ia sering didatangi oleh para pencari bakat. Sayangnya, nominal yang diminta begitu besar (untuk mengorbitkan Egy) membuat orangtua Egy tak mampu membayarnya.

Egy mengaku sempat putus asa karena hal tersebut. Namun, di tengah keputusasaan ini, Egy bertemu dengan Subagja. Subagja Suhian bisa dibilang salah satu sosok yang menemukan bakat Egy kecil. Subagja yang akhirnya merekomendasikan Egy ke Direktur Teknik PSSI saat ini, Indra Sjafri, untuk melihat skill olah bola sang anak didik pada 2012.

Tidak sampai di situ, Subagja juga yang meyakinkan kedua orangtua Egy untuk melepas sang anak ke Jakarta. Pada kelas 2 sekolah menengah pertama (SMP), Egy pun dibawa Subagja dari Medan ke Jakarta untuk menjalani seleksi di Pusat Pembinaan dan Latihan olahraga Pelajar (PPLP) Ragunan, hingga akhirnya lolos dan kini membela Timnas Indonesia U-19.

Singkat kata, Egy Maulana Vikri kini tercatat sudah pernah membela dua klub Eropa, yakni Lechia Gdansk (Polandia) dan FK Senica (Slovakia). Ia juga pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

3. Ramdani Lestaluhu


Ramdani Lestaluhu (Foto: instagram)

Pesepakbola yang satu ini dulunya lahir dan tumbuh di tengah wilayah konflik agama. Karena prihatin akan hal tersebut, Sani Tawinella datang untuk mengajak anak-anak asal Tulehu untuk bermain bola di lapangan dan sesekali bermain di pantai. Ramdani Lestaluhu termasuk ke dalam salah satu anak-anak tersebut.

Kala itu, anak-anak Talehu begitu sulit untuk membeli sepatu bola. Atas kegigihan Ramdani Lestaluhu dalam bermain sepakbola, ia berhasil masuk ke dalam klub Persija Jakarta di usia yang masih sangat muda, yakni 16 tahun (2007). Setelah kurang lebih 15 tahun membela Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu hengkang ke Bali United jelang Liga 1 2022-2023.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network