Mitos Mandi Malam, Benarkah Berbahaya Untuk Tubuh? Simak Penjelasannya

Ahmad Luthfi/Net Karanganyar
Mitos Mandi malam salah satunya bisa menimbulkan penyakit (Foto: ilustrasi/Pixebay)

Dijelaskan bahwa rematik justru bisa berpotensi muncul akibat konsumsi berlebihan makanan seperti jeroan, seafood, dan minuman beralkohol yang dapat memicu purin atau bahan yang akan diubah menjadi asam urat.

Sebenarnya mandi di malam hari boleh-boleh saja, namun sebaiknya Anda memperhatikan hal berikut.

Pertama, kondisi tubuh apakah sedang sehat atau sakit. Kedua terkait suhu udara, apakah malam itu menyebabkan temperatur yang sangat dingin atau tidak. Ketiga, suhu air diperhatikan agar tidak terlalu dingin.

Anjuran untuk Mandi Malam

Mandi malam justru dianjurkan menjelang waktu bedah atau operasi. Pasien membersihkan diri dengan mandi malam hari sebelumnya dan diinstruksikan untuk mandi dengan produk yang mengandung chlorhexidine gluconat.

Selain itu, pada pasien yang akan menjalani operasi pada kepala, biasanya juga diinstruksikan untuk melakukan keramas dengan produk yang mengandung chlorhexidine gluconat pada malam hari dan pagi hari sebelum operasi.

Mandi malam juga bisa dilakukan oleh mereka yang banyak berkeringat pada siang harinya. Tidak hanya itu, jika Anda merasa perlu untuk mandi di malam hari, tetapi tidak suka dengan air yang dingin, cobalah mandi dengan air hangat.

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network