Berawal Uang Pinjaman Sebesar 600 dolar AS dari Sang Ibu, Pizza Hut Menggurita Kuasai 100 Negara

Ikhsan Permana SP
Gerai Pizza Hut pertama yang didirikan Kakak beradik Dan dan Frank Carney (Foto: https://www.pizzahut.co.uk/)

Mereka pun mulai memproduksi pizza dengan peralatan bekas, dengan produk pertama pizza buatan mereka diberi nama Thin 'n Crispy. Melihat minat yang cukup tinggi, mereka kemudian mulai membuka toko ke dua pada 1959 di Topeka, Kansas, AS. Tahun berikutnya, membuka di Aggieville, Kansas Pizza Hut, yang menawarkan pengiriman dengan menggunakan skuter roda tiga untuk pertama kalinya. 

Seiring berjalannya waktu, Frank dan Dan berhasil membuka cabang pertama di Kanada pada 1968. Pada 1969, logo Si Atap Merah (Red Roof) yang digunakan oleh Pizza Hut resmi diakui penggunaannya dan menjadi ikon.


Dan dan Frank Carney pendiri Pizza Hut (Foto:https://www.pizzahut.co.uk/)

Pada 1970, Pizza Hut go international. Dalam satu tahun atau pada 1971, Pizza Hut diakui sebagai jaringan restoran pizza nomor satu terbesar di dunia baik dari segi penjualan maupun dari jumlah cabang. 

Pada 1972, Pizza Hut masuk dalam daftar Bursa Saham New York, AS. Yang kemudian dilanjutkan dengan melebarkan sayap ke Jepang dan Inggris setahun kemudian.

Namun pada 1977, Carney bersaudara memutuskan untuk menjual Pizza Hut kepada PepsiCo. Saat ini, Pizza Hut berada di bawah Yum! Brands Inc.

Setelah menjual perusahaannya, Carney kembali mencoba peruntungan, dengan membuka restoran pizza Papa John’s pada 1990-an. Walaupun harus bersaing ketat dengan Pizza Hut, usaha Frank mengembangkan Papa John’s tidak sia-sia.

Pada 2001, dia telah mengembangkan restoran pizza tersebut ke 133 lokasi di seluruh Amerika Serikat.

Editor : Ditya Arnanta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network