get app
inews
Aa Read Next : Prodi S-3 Kajian Budaya FIB UNS Gelar Kuliah Pakar Metodologi Kajian Kritis

Masuk Borobudur Bayar Rp 750 Ribu, Pengamat Wisata UNS Setuju: Semakin Eksklusif

Selasa, 07 Juni 2022 | 13:16 WIB
header img
Tiket masuk Candi Borobudur Naik jadi Rp 750 ribu untuk wisman dari sebelumnya hanya Rp 50 Ribu (Foto: Tangkapan Layar laman Borobudurpark)

SOLO, iNews.id - Pemerintah melalui Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Republik Indonesia (RI), Luhut Binsar Pandjaitan berencana menaikan harga tiket masuk ke lokasi wisata Candi Borobudur.

Rencananya, untuk wisatawan domestik, tiket masuk sebesar Rp 750 ribu. Untuk tiket masuk Wisatawan Mancanegara, tiket masuk menjadi US$ 100 dolar.

Sementara untuk harga tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur akan tetap sama, Rp 50 ribu untuk wisnus, dan 25 dolar Amerika Serikat untuk wisman.

Merespon rencana kebijakan pemerintah menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur, Pengamat pariwisata sekaligus Kepala Program Studi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Deria Adi Wijaya, mengatakan kenaikan itu bagian dari upaya pemerintah untuk melakukan pembatasan jumlah pengunjung.

Ia menambahkan, dalam konsep pariwisata kenaikan harga memang harus dilakukan.

Karena dalam berwisata dikenal dengan adanya konsep daya dukung lingkungan dari suatu objek wisata. 

“Bisa kita bayangkan ketika puluhan ribu, bahkan ratusan ribu pengunjung naik ke Candi Borobudur tanpa adanya pembatasan jumlah pengunjung. Daya dukung lingkungannya pasti akan rusak,"papar Deria, Selasa (7/6/2022).

"Baik itu batu-batunya yang mengalami korosi, juga aksi vandalisme dari pengunjung yang kurang bertanggung jawab”imbuhnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut