JAKARTA, iNews id - Layaknya komponen lain pada kendaraan, kampas ganda pada kendaraan matic ini juga memiliki peran yang cukup penting.
Sebagian pengendara mungkin belum mengetahui fungsi kampas ganda pada motor matic.
Dilansir dari berbagai sumber, kampas ganda berfungsi sebagai penyalur maupun pemutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang.
Khususnya pada bagian CVT atau Continuously Variable Transmission. CVT ini adalah komponen yang berguna untuk meneruskan putaran dari mesin motor ke bagian roda, sehingga kendaraan bisa melaju dan dapat digunakan. Lantas, bagaimanakah dengan fungsi kampas ganda?
Pada kondisi motor yang tengah melaju, akan ada penambahan RPM yang muncul.
Semakin besar angka RPM, maka akan semakin besar juga gaya sentrafugal kampas ganda dalam menekan kopling.
Dengan pentingnya fungsi komponen ini, pengendara wajib memperhatikan kondisinya.
Pada motor matic, area komponen CVT sebisa mungkin harus dalam keadaan kering dan bersih.
Alasannya adalah apabila terdapat kotoran atau air yang masuk ke CVT, hal tersebut bisa mengganggu kinerja kampas ganda dan menjadikan performa motor tidak optimal.
Selain itu, pengendara juga perlu memperhatikan masa pakai dari kampas ganda ini. Jika sudah mengalami keausan, lebih baik segera diganti dengan yang baru.
Umumnya, masa pemakaian kampas gandi ini berkisar antara 24.000 km - 35.000 km. Namun, bisa juga habis lebih cepat tergantung pemakaian kendaraan.
Pemilik kendaraan yang tetap menggunakan kampas ganda aus bisa memunculkan dampak buruk bagi motor. Terutama pada tarikan gas atau tenaga motor yang berbeda dari biasanya.
Selain itu, bisa juga muncul efek lain seperti timbul getaran saat meningkatkan kecepatan, hingga akselerasi kendaraan yang menjadi berat.
Demikian ulasan mengenai fungsi dari kampas ganda pada motor matic. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
Editor : Ditya Arnanta