get app
inews
Aa Read Next : Sasana Mulya Rusak Parah, Gibran : Kita Perbaiki

Keraton Solo Gelar Peragaan Busana Dalam Rangka Parade Kebaya Nusantara

Minggu, 05 Juni 2022 | 11:18 WIB
header img
Keraton Kasunanan Surakarta gelar parade kebaya Nusantara (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Keraton Kasunanan Surakarta menggelar parade kebaya Nusantara di depan Kori Kamandungan, Sabtu (4/6/2022) kemarin. 

Parade Kebaya ini sekaligus sebagai upaya untuk mengukuhkan kebaya sebagai warisan budaya tak berwujud. Dan upaya kaum wanita agar hari Kebaya Nasional segera dikukuhkan.

Inilah yang mendorong ibu-ibu dan remaja di Kota Solo menggelar pagelaran peragaan busana dalam rangka Parade Kebaya Nusantara.

"Parade Kebaya Nusantara ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan kebaya sebagai warisan budaya Indonesia. Nantinya juga akan digelar kegiatan serupa di berbagai daerah disesuaikan dengan kearifan lokal setempat," Ketua Tim Nasional Pengajuan Penetapan Hari Kebaya Nasional, Lana T Koentjoro.

"Kami sangat mengapresiasi  karena pada hari ini kita bisa mengadakan kegiatan bersama dengan Tim Nasional Pengajuan Penetapan Hari Kebaya Nasional dalam rangka pengajuan Hari Kebaya Nasional," imbuhnya.

Menurut Lana T Koentjoro, 10 kementerian dan sejumlah pihak telah memberikan dukungannya adannya hari kebaya Nasional.

Dipilih kota Solo sebagai sebagai pendorong untuk Penetapan Hari Kebaya Nasional, sebab di kota Bengawan ini dikenal sebagai kota Budaya. Selain itu masih banyak ditemukan masyarakatnya menggunakan kebaya.

"Solo dipilih untuk pelaksanaan parade kebaya karena Solo adalah kota budaya dan perempuan Solo juga masih banyak yang mengenakan baju kebaya dan juga dilihat dari sejarahnya," katanya lagi.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut