get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Simak 4 Fakta Keren Jadi Penyiar Radio, Nomor 2 Bikin Isi Dompetmu Tebal

Selasa, 19 April 2022 | 07:30 WIB
header img
Farhan saat menjalankan tugasnya sebagai penyiar radio di Radio Metta 104,7 FM. (Foto: Istimewa/Didik Kartika/iNews)

SOLO, iNews.id - Halo anak muda…siapa yang di antara kalian yang saat ini bermimpi ingin menjadi penyiar radio? Simak 4 Fakta Keren Jadi Penyiar Radio, bahkan Nomor 2 Bikin Isi Dompetmu Tebal.

Nah bila kalian ingin terjun pada profesi yang sangat keren ini, yuk ikuti penuturan penyiar radio senior asal Solo ini. 

Kalian pasti tak menyangka pengalaman yang dibagikan sangat keren dan menarik. 

Ini beberapa hal menarik menjadi penyiar radio yang bisa kalian simak:

Bisa mengenal dekat figur atau tokoh terkenal

Farhan Arif, Business Development Manager di Radio Metta 104,7 FM menyebutkan, menjadi seorang penyiar radio itu seperti dibukakan pintu kemana saja.

“Kita bisa mengenal banyak hal atau pun mengenal secara langsung para publik figur, selebriti, tokoh masyarakat, kemudian juga pejabat negara baik lokal dan nasioanal atau bahkan internasional,” papar Farhan yang juga penyiar senior dan ternama di Kota Solo ini. 

Dikatakan, mungkin orang lain tidak mengenal atau tidak diberikan akses seperti para penyiar radio. “Namun kita mudah mengenal mereka dan ternyata itu mengasyikkan sekali,” imbuh Farhan yang kini berkarier di Radio Metta 104,7 FM ini. 

Terbuka berbagai peluang rejeki lain

Pundi-pundi rupiah mengalir dengan deras, bila seorang penyiar radio terus memperdalam kualitas personal dan memperluas jaringannya. Bukan tidak mungkin isi dompetmu menjadi makin tebal, gara-gara kebanjiran proyek dan job.

Menurut dia, bukan hanya sekedar bertemu kemudian ngobrol dengan sejumlah publik figur, tetapi juga seperti kita diberikan jalan lain untuk mencari rejeki. 

“Misalnya bisa menjadi seorang MC, kemudian juga menjadi seorang moderator atau dilibatkan dalam proyek-proyek mereka,” terang pria yang kerap menjadi MC (master of ceremony atau pembawa acara-red) pada event-event nasional dan internasional di Solo ini.

Lahan lain yang bisa dirambah dari seorang penyiar radio adalah menjadi dubber atau mengisi Voice Over iklan, film dan Company Profile. “Itu semua berawal dari seorang penyiar radio,” demikian Farhan berbagi tentang rejeki yang datang menjadi seorang penyiar radio. 

Bergaul dengan berbagai komunitas

Jadi, sambung pria ganteng ini, kita banyak mengenal hal-hal yang mungkin banyak orang lain tidak mengenalnya. 

“Bahkan kita dikenalkan dengan orang-orang yang sebagian orang menganggap itu hal sepele, tetapi ternyata itu memberikan inspirasi yang luar biasa,” tandas Farhan yang terus menjaga reputasinya ini.

“Saya sering diundang untuk menghadiri komunitas-komunitas, kemudian juga ke kelompok-kelompok masyarakat. Itu yang itu sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga sekali,” kata pria yang memiliki suara khas dan menarik itu.  

Seperti artis, penyiar banyak penggemarnya

Apalagi dulu di tahun 90-an penyiar seperti artis lokal. Banyak sekali penggemar-penggemar yang hingga akhirnya menjadi teman dalam waktu yang panjang

“Atau pun juga relasi dalam hal berbisnis,” ujar berpostur ideal tersebut.

Farhan menambahkan, dirinya lebih banyak mengenal orang yang memberikan sesuatu dampak positif bagi dirinya sendiri.

Tak hanya itu, Farhan juga semakin mengenal banyak hal yang profesi-profesi yang selama ini berkaitan erat dengan dunia radio. 

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut