get app
inews
Aa Read Next : Deretan Negara Perserta Piala Dunia 2022, Mana Jagomu?

6 Film Buatan Jepang Ini Dijamin Selalu Bikin Kangen Masa Kecil

Senin, 18 April 2022 | 07:30 WIB
header img
Jepang mampu membuat film animasi yang tetap bertahan hingga saat ini (iNewskaranganyar.id/ktag336/Pixabay)

KARANGANYAR,iNews.id - Jepang salah satu negara yang tak hanya mampu menguasai dunia otomotif. Namun, negara yang sempat porak-poranda setelah perang dunia ke II inipun bisa mampu menguasai industri perfileman dunia. Terutama industri film animasi.

Bahkan sejak era 70-an, negeri yang dikenal dengan sebutan matahari terbit inipun mampu memproduksi animasi dengan sentuhan teknologi didalamnya.

Tercatat, diera itu, animasi buatan Jepang, mampu menguasai dunia. Meskipun kala itu, masih dalam bentuk Betamax belum ada DVD, namun mampu mengasai animasi diseluruh dunia.

Tercatat beberapa dunia perfileman anak-anak kala itu sangat digemari dan sangat melegenda. Bahkan, diera milenial seperti saat ini, industri perfileman anak-anak masih digemari.


Voltus V salah satu produksi Jepang pada era 1973 tetap digemari hingga saat ini (Tangkapan Layar)

1. Voltus V

Era 1973 h 1984, Jepang telah mampu memproduksi film genre tokusatsu (film dengan efek spesial) dan anime. Salah satu film Anime berjenis Mecha yang mampu diproduksi Jepang dan menjadi salah satu film kartun klasik yang legendaris dan di gemari adalah Voltus V atau bahasa Jepangnya Voltes V.

Film kartun ini pertama kali dirilis pada era tahun 1977. Dan populer di Indonesia pada era 1980. 

Dimana film kartun ini juga menceritakan lima remaja yang masih ada hubungan keluarga. Namun, meski masih tergolong remaja, namun kelima remaja ini memang telah dipersiapkan untuk mengamankan bumi dari serangan luar angkasa.

Meski berbentuk kartun, namun film tergolong menampilkan kecanggihan teknologi. Dimana teknologi yang ditampilkan tentang penggabungan lima kendaraan menjadi satu menjadi sebuah robot.

Dari lima karakter utama yang tergolong masih remaja, tiga di antaranya merupakan saudara.

Mereka adalah Kenichi Go, Daijiro Go, dan Hiyoshi Go. Sementara dua anggota lainnya, Ippei Mine dan Megumi Oka.

Semuanya adalah sosok tangguh yang menguasai ilmu beladiri dan siap menantang maut demi melawan monster-monster raksasa dengan robot Voltus V.

Sayangnya skual lanjutan Voltus V ini tidak dibuat lanjutan oleh pembuatnya.


Gaban salah satu film buatan Jepang

2. Gaban

Gaban, bisa dikatakan salah satu film diera 1982 yang cukup sukses. Bahkan sosok Gaban inipun pernah digunakan dalam film komedi yang dibintangi Dono, Kasino dan Indro.

Film Gaban yang diperankan oleh Kenji Ohba muncul pertama kali pada tahun 1982. Film ini menceritakan sosok polisi luar angkasa yang bertugas mengamankan bumi dari serangan yang organisasi kriminal yang dikenal sebagai Makuu, dipimpin oleh Don Horror.

Kelompok ini menargetkan Bumi sebagai sasaran berikutnya setelah kelompok ini berhasil menguasai planet terdekat bumi.

Don Horror ingin mendominasi seluruh alam semesta. Bersama asistennya, Mimi, Gaban selalu berpatroli menggunakan pesawat luar angkasa miliknya yang bentuknya seperti piring terbang.

Selain bisa merubah wujud, Gaban juga memiliki robot berbentuk naga dan motor luar angka bila dirinya dipancing bertempur masuk keruang hampa.


Sariban

3. Sariban

Sekuel kedua sebagai penerus film superhero sebelumnya Gaban, Sariban hadir ditahun 1983. 

Film superhero Sariban, diperankan Hiroshi Watari dan Lily asistennya diperankan Yumiko Furuya ini karakternya hampir sama dengan pendahulunya Gaban.

Bedannya bila Gaban berhadapan dengan kelompok Makuu, di Sariban ini kelompok yang ingin menguasai bumi adalah Sindikat Kejahatan Luar Angkasa Madou.

Sama seperti Gaban, Sariban pun memiliki robot yang siap membantu membasmi pesawat tempur Madou serta Motosaria bila dirinya dipancing masuk keruang hampa.


Goggle V

4. Goggle V

Film lainnya produksi dari Jepang yang mampu menguasai perfileman kala itu adalah Goggle V.

Sama seperti film animasi Voltus V, Goggle V ini juga menceritakan lima remaja jago bela diri yang mampu berubah menjadi superhero melalui kostum berbeda warna di setiap anggotanya.

Mereka bertarung melawan monster-monster mengerikan dan mengendarai robot saat lawannya berubah menjadi raksasa.

Meski telah berhasil menumpas dedengkot kejahatan, Goggle V tidak dipoles kembali menjadi sebuah film atau sekuel seperti fPower Ranger asal Amerika yang sebenarnya menyadur dari kisah Kyoryu Sentai Zyuranger. Hingga 2015, sudah ada 39 Super Sentai yang telah mengudara di Jepang.


Megaloman manusia berambut api

5. Megaloman

Megaloman tayang di Jepang dengan jumlah 31 episode. Salah satu ciri khas superhero raksasa satu ini adalah rambutnya yang panjang sebagai senjata utamanya. Dimana rambut panjangnya itu bisa mengeluarkan api.


Ninja Jepang berwajah harimau

6. Lion Maru

Lion Maru menceritakan jaman feodal Jepang, di era samurai dan ninja. Saat itu Jepang tengah dilanda tren samurai.

Diceritakan pada akhir tahun 1500-an. Jepang berada di tengah periode panjang perang saudara. Di kala ada kelompok-kelompok yang berniat menyatukan Jepang untuk memelihara perdamaian, ada pula yang mengeruk keuntungan dari konflik untuk memperkuat diri dan kelompok mereka sendiri.

Saat itu adalah zaman kekacauan di Jepang. Tiga orang anak yatim piatu, seorang pemuda (Shishimaru), seorang gadis (Saori) dan anak kecil (Kosuke) mengembara bertiga untuk menolong orang-orang dari petaka yang ditimbulkan oleh Akuma Gosun (Devil Gosun).

Itulah deretan superhero yang di produksi di negeri Jepang era 80-an dan cukup menjadi idola tersendiri di kalangan anak-anak era itu. Kira-kira mana film diatas yang sangat anda gemari sampai saat ini

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut