get app
inews
Aa Read Next : Website MUI Tangsel Diretas Hacker Usai Lakukan Boikot Produk Israel

Pasukan Israel Menyerbu Masjid Al-Aqsa, Lebih Dari 150 Warga Palestina Terluka

Jum'at, 15 April 2022 | 22:26 WIB
header img
Polisi Israel menyerbu kembali Masjid Al-Aqsa saat sholat Subuh (Foto: iNewskaranganyar.id/Pixebay)

Dia menambahkan bahwa eskalasi terjadi ketika kelompok-kelompok Yahudi sayap kanan menyerukan penggerebekan terhadap kompleks Masjid Al-Aqsa selama liburan Paskah Yahudi, dan persembahan hewan kurban di halamannya, yang belum pernah terjadi sejak zaman kuno.

Natasha Ghoneim dari Al Jazeera mengatakan warga Palestina menganggap tindakan Israel di dalam kompleks sebagai provokasi.

“Hanya melihat polisi Israel benar-benar di dalam Masjid Al-Aqsa dengan orang-orang berbaring telungkup di atas karpet, mendengar ledakan granat kejut, melihat awan gas air mata, melihat orang-orang Palestina yang tertekan diangkut ke luar kompleks setelah terluka… sangat marah dan mengecewakan warga Palestina,” katanya, berbicara dari luar Gerbang Damaskus.

Analis politik senior Al Jazeera Marwan Bishara menyalahkan pendudukan Israel, “ketidakpedulian masyarakat internasional terhadap penderitaan Palestina” di tengah krisis Ukraina, dan “kelumpuhan kepemimpinan Palestina” sebagai alasan di balik perkembangan terbaru di Yerusalem.

Presiden Palestina Mengutuk Serangan Israel

Menanggapi perkembangan tersebut, kepresidenan Palestina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penyerbuan kompleks Masjid Al-Aqsa oleh polisi Israel adalah “perkembangan berbahaya” dan “deklarasi perang”.

Ia menambahkan bahwa orang-orang Palestina tidak akan membiarkan pasukan pendudukan Israel dan pemukim Yahudi untuk mengambil alih situs suci, dan meminta masyarakat internasional untuk “mengakhiri agresi Israel”.

Ismail Haniyeh, kepala biro politik Hamas yang mengatur Jalur Gaza mengatakan keputusan rakyat Palestina akan mempertahankan dan melindungi Masjid Al-Aqsa dengan segala cara. Dia menambahkan tidak ada tempat untuk "penyusup" di Yerusalem.

Hamas juga meminta orang-orang Palestina di Tepi Barat yang diduduki dan Israel untuk bersatu mendukung Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut