get app
inews
Aa Read Next : Deretan Konglomerat Tajir Melintir Pemilik Maskapai Terkenal di Indonesia, Siapa Saja?

Otoritas Penerbangan Arab Saudi Larang Jamaah Umroh Asal Indonesia Bawa Air Zam Zam, Kenapa?

Selasa, 12 April 2022 | 18:54 WIB
header img
Otoritas Arab Saudi melarang jamaah asal Indonesia membawa air Zam Zam (iNewskaranganyar.id/Dok pro)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua Umum Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umrah Haji (AMPUH), Tri Winarto mengatakan otoritas penerbangan saudi (GACA) tidak mengizinkan jamaah umroh asal Indonesia membawa air zamzam ke dalam pesawat.

Aturan larangan membawa air Zam Zam jamaah umroh asal Indonesia sebenarnya, ungkap Tri Winarto telah lama diberlakukan, sejak dibukanya umrah new normal oleh pemerintah Indonesia pada 8 Januari 2022 lalu.

Aturan ini pun berlaku bagi penumpang Saudi Airlines yang terbang atau pun pulang dari Kota Jeddah, mereka tidak diizinkan membawa air zamzam.

Tri Winarto menyadari aturan ini membawa kesedihan tersendiri bagi jamaah asal Indonesia. 

"Tentu ini menjadi kesedihan bagi jemaah indonesia kebiasaan mereka ketika pulang ke tanah air banyak pengunjung yang mengunjungi mohon doa dan air zamzam," kata pria yang juga menjabat sebagai Sekjen AMPUH ini.

Dia berharap ke depan, regulasi tersebut dapat dilonggarkan oleh pemerintah Arab Saudi. Sebab, jemaah umrah asal Indonesia telah menanti kesempatan tersebut selama dua tahun lamanya. 

"Semoga regulasi berubah jemaah Indonesia segera (menebatkan) air zamzam yang biasa dibawa satu galon berisi lima liter air zam-zam," ujarnya.

Pernyataan ini disampaikan menyusul beredar video di media sosial dimana air zamzam jemaah yang naik pesawat Lion Air dikeluarkan dari pesawat.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut