get app
inews
Aa Read Next : Kandaskan Hartono Bersaudara, Inilah Orang Terkaya di Indonesia, Hartanya Mencapai Rp400,7 Triliun

Takjir Melintir, Ini Crazy Rich Pemilik Jalan Tol di Indonesia, Hartanya Tembus Rp139 Triliun

Senin, 11 April 2022 | 11:15 WIB
header img
Jusuf Hamka sempat mencuri perhatian netizen (Foto: Ist)

KARANGANYAR, iNews.id - Nama Jusuf Hamka belakangan tengah diperbincangkan masyarakat luas karena gayannya yang sangat sederhana.

Siapapun tahu , Jusuf Hamka salah satu orang terkaya di Indonesia pemilik salah satu ruas jalan tol

Meski masuk kedalam katagori Crazy Rich, pria yang memiliki mimpi membangun seribu masjid dalam hidupnya ini tak malu makan di warung pinggir jalan.

Jusuf adalah pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). PT CMNP sendiri diketahui berperan dalam pembangunan jalan tol Cawang-Tanjung Priok sepanjang 19,03 km.

Setelah proyek itu selesai, pemerintah kembali memberi kepercayaan kepada CMNP untuk membangun jalan tol rute Tanjung Priok hingga Pluit atau Jembatan Tiga, dengan panjang 13,93 km.

Rute-rute tersebut dikenal dengan nama jalan tol Ir Wiyoto Wiyono. Proyek yang kini tengah dikerjakan PT CMNP adalah Harbour Road 2 di Jakarta, senilai Rp16 triliun. Sementara di Bandung, PT CMNP menggarap proyak NS LINK dengan nilai Rp9 triliun. Total nilai investasi dua proyek Jusuf Hamka ini sebesar Rp25 triliun.

Jusuf lahir di Samarinda pada 5 Desember 1957. Pengusaha keturunan Tionghoa ini menjadi mualaf pada tahun 1981. Dia memeluk agama Islam kala itu dengan dibimbing oleh ulama dan sastrawan, Buya Hamka. Mimpin terbesar Jusuf membangun seribu masjid dalam hidupnya.

Salah satu masjid yang sudah ia bangun adalah masjid Babah Alun, yang berada di bawah ruas jalan tol Ir Wiyoto Wiyono, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ia juga membangun warung nasi kuning untuk duafa, yang dijual hanya Rp3.000 per porsinya.

Di masa pandemi Covid-19, Jusuf membuka warung sembako bagi masyarakat yang terdampak virus Covid-19. Hanya dengan Rp5.000, masyarakat sudah bisa mendapatkan paket sembako berisi beras, teh, dan kornet.

Jusuf Hamka memiliki sederet mobil mewah, mulai dari SUV Premium Audi 4 yang harganya Rp1,25 miliar hingga Rolls Royce Phantom yang ia beli seharga Rp7,5 miliar. Meski kekayaannya melimpah, Jusuf yang juga menjabat sebagai komisaris di beberapa perusahaan ini tak segan makan di pinggir jalan.

Eka Tjipta Widjaja

Selain Jusuf Hamka, Crazy Rich takjir melintir pemilik jalan tol adalah Eka Tjipta Widjaja. Eka merupakan pemilik Sinar Mas Land yang memiliki ruas jalan tol Serpong-Balaraja.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut