get app
inews
Aa Read Next : 20 Hari Operasi Pekat Candi, Polres Karanganyar Panen Pelaku Kriminal

Kapolda Jateng Siap All Out Amankan Kamtibnas Selama Ramadhan

Jum'at, 01 April 2022 | 20:20 WIB
header img
Kendati peryaan Idul Fitri masih satu bulan lagi, namun Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah telah mempersiapkan berbagai langkah untuk mengamankan arus mudik lebaran tahun ini

SEMARANG,iNews.id - Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan menjelang Ramadhan 2022, situasi Kamtibmas di Jawa Tengah dalam kondisi kondusif.

Irjen Pol Ahmad Luthfi menghimbau agar masyarakat bisa menjaga toleransi selama Ramadhan. Pemerintah, ungkap Kapolda telah berupaya agar ibadah masyarakat, khususnya kaum muslimin berjalan lancar dan khusyuk.

"Secara umum kamtibmas kondusif dan bahan kebutuhan pangan tersedia cukup di pasaran. Saat ini pemerintah sudah memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk beraktivitas,"terang Kapolda, Jumat (1/4/2022).

Kapolda secara pribadi juga mengajak masyarakat khususnya kaum muslimin untuk beribadah ramadhan secara khusyuk dan tetap menjaga kebersamaan dan toleransi sesama warga.

"Bagi umat muslim monggo melaksanakan ibadah puasa ramadhan di siang hari, kemudian lanjut sholat tarawih. Pada saatnya nanti, silahkan juga melaksanakan mudik bagi warga yang ingin silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Namun nanti ada sejumlah aturan yang kami harap dipatuhi khususnya prokes," kata Kapolda.

Aturan yang dimaksud, lanjutnya, adalah masyarakat diminta tetap taat prokes saat melaksanakan tarawih berjamaah di masjid. 

"Berjamaah tarawih di masjid dan mushola dipersilahkan, namun tetap pakai masker dan taat prokes. Pasalnya, pandemi covid belum berakhir. Jadi kita perlu waspada. Kami berharap takmir masjid dan mushola mengingatkan jemaahnya untuk tetap taat prokes," terang Irjen Ahmad Luthfi.

Kapolda juga mengajak kaum muslimin untuk memanfaatkan momentum Ramadhan untuk beribadah dengan khusyuk serta meresapi hakekat dan tujuan ibadah puasa.

"Manfaatkan Ramadhan untuk mengasah  kepedulian sosial, menjaga akhlaq serta toleransi. Satu hal yang amat penting, jangan lupa memanjatkan doa agar Jawa Tengah lebih damai, aman dan sejahtera. Kita berharap Covid-19 segera berakhir. Aktivitas masyarakat  berjalan normal dan perekonomian terus membaik," harapnya.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut