get app
inews
Aa Read Next : Adeging Mangkunegaran 267 Merawat Kebudayaan Jawa

Peringatan Ulang Tahun ke 25, MN X Gelar Wayangan dengan Lakon Prabu Anom Harya Gathotkaca

Rabu, 30 Maret 2022 | 10:30 WIB
header img
KGPAA Mangkoenagoro X menyerahkan tokoh utama wayang dalam pagelaran wayang di Pura Mangkunegaran pada sang dalang (Foto: Ist)

SOLO,iNews.id - Pura Mangkunegaran gelar pagelaran wayang kulit Selasa, 29 Maret 2022 malam di Pendhapa Prangwedanan Puro Mangkunegaran Pagelaran wayang tersebut diinisiasi oleh KGPAA Mangkoenagoro X.

Dalam rangka peringatan ulang tahun (Tingalan Wiyosan Dalem) KGPAA Mangkoenagoro X sekaligus ulang tahun GRAj. Ancillasura Marina Sudjiwo (Permaisuri MN IX) yang jatuh setiap tanggal 29 Maret.

Pertunjukan ini mengambil lakon  Prabu Anom Harya Gathotkaca dimainkan oleh Ki dalang M.Ng. Purnanama dari ASGA (Akademi Seni Mangkunegaran) Surakarta.

Dengan lakon “Prabu Anom Harya Gathotkaca” menceritakan tentang perjalanan Raden Tetuka menjadi Raja Pringgondani dengan gelar Prabu Anom Harya Gathotkaca.

Pertunjukan ini didukung oleh tim kolaborasi ASGA Surakarta dan PDMN (Pasinaon Dalang ing Mangkunegaran/Pedalangan Mangkunegaran).

GRAj. Ancillasura Marina Sudjiwo sampaikan Pura Mangkunegaran berupaya menghadirkan kembali pertunjukan wayang kulit sehingga dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Sekaligus untuk mendekatkan Puro Mangkunegaran dengan masyarakat," paparnya, Selasa (29/3/2022) malam.

Gusti Marina, begitu permaisuri MN IX biasa disapa menambahkan kesenian Wayang kulit dihadirkan kembali untuk tetap melestarikan budaya yang sudah ada dari dahulu. Kegiatan serupa akan kembali rutin diadakan ke depannya. 

Pasalnya, Puro Mangkunegaran sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa memiliki visi dan misi untuk terus menggali, melestarikan, dan mengembangkan kebudayaan.

"Dengan harapan masyarakat tetap ingat kepada roots-nya dan bisa mempelajari norma-norma budaya dari pertunjukan tersebut," tuturnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut