get app
inews
Aa Read Next : 20 Hari Operasi Pekat Candi, Polres Karanganyar Panen Pelaku Kriminal

Pastikan Stok Migor Aman, Kapolda Blusukan Masuk Pasar Tradisional Bareng Walikota Semarang

Selasa, 29 Maret 2022 | 23:15 WIB
header img
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi tanpak tengah berbincang dengan pedagang (Foto: Humas Polda Jateng)

SEMARANG,iNews.id - Kapolda Jateng Irjen Pol Irjen Ahmad Luthfi blusukan mengecek langsung ketersediaan minyak goreng di beberapa pasar Tradisional di Kota Semarang.

Kapolda tak sendiri. Orang nomer satu di jajaran Kepolisian Daerah Jawa Tengah itu didampingi langsung Walikota Semarang Hendrar Prihadi. Pasar tradisional yang dikunjungi Kapolda dan Wakijota Semarang itu adalah pasar Bulu yang terletak di jalan Mgr Sugiyopranoto Semarang Selatan,

Keduannya mulai mengcek ketersediaan minyak goreng dibeberapa kios di pasar tersebut. Tak hanya mengecek, kedua pejabat ini pun menanyakan harga jual minyak goreng pada para pedagang.

Memasuki pasar bersama walikota Semarang, Hendrar Prihadi dan rombongan Kapolda mengecek ketersediaan minyak goreng di lapak para pedagang.

"Untuk stok gimana Bu?," tanya Kapolda pada Siti Aminah, salah satu pedagang pasar.

"Stok setiap hari aman pak. Tapi saya tidak jual minyak goreng curah. Setiap Minggu ada droping,"jawab Siti.

Kapolda mengungkapkan pada para pedagang bahwa Polda Jateng dan walikota Semarang dan semua pimpinan daerah di Jateng akan melakukan penetrasi pasar agar ketersediaan minyak goreng selau cukup untuk kebutuhan masyarakat.

"Tadi sudah dilakukan pengecekan minyak goreng ( ke pabrik dan distributor), dan hasilnya kebutuhan masyarakat tercukupi. Tinggal kita masih menunggu masalah penyelesaian harga," tandas Kapolda.

Sejumlah pedagang mengiyakan ucapan Kapolda dan menegaskan harapan mereka agar pemerintah membantu agar tidak terjadi kelangkaan minyak apalagi sebentar lagi bulan Ramadhan.

"Iya pak. Terima kasih. Kita berharap pak Kapolda dan pak Walikota untuk minyak goreng supaya tidak langka saat Ramadhan," timpal  Rumiati, rekan Siti Aminah sesama pedagang pasar.

Kapolda dan Walikota Semarang menanggapi ungkapan Rumiati itu dengan anggukan dan senyuman. Tak lama kemudian Kapolda dengan ramah bertanya pada Rumiati untuk memastikan kembali ketersediaan harian minyak goreng di pasar Bulu.

"Tiap hari habis untuk penjualan minyak goreng dan suplai lancar ya Bu?," tanya Irjen Ahmad Luthfi.

Rumiati menanggapi stok minyak goreng harian selalu habis diserbu konsumen. Namun stok minyak goreng selalu terpenuhi karena suplai berjalan lancar.

"Tiap hari habis pak dan suplai minyak goreng sudah mulai lancar," tuturnya.

Terkait sidak yang dilakukannya di pasar tradisional, Kapolda menyatakan kegiatan itu merupakan rangkaian dari sidak yang dilakukannya di tingkat produsen, grosir hingga level pedagang pasar.

Kapolda menyatakan hasil laporan satgas pangan dan pengecekan langsung di lapangan menunjukkan stok minyak di Jateng aman hingga tiga bulan ke depan. Dikatakannya, kebutuhan bulanan masyarakat akan minyak goreng mencapai 36 ribu ton sedangkan stok bulanan yang ada di Jateng mencapai liter 109 ribu ton.

"Hasil pengawasan di lapangan juga menemukan bahwa sejauh ini tidak ada penyimpangan terkait minyak goreng di Jateng. Tim satgas pangan Polda Jateng berkolaborasi dengan Disperindag provinsi hingga kabupaten melakukan pengawasan setiap hari agar tidak ada kemacetan pada simpul distribusi atau penyimpangan oknum yang akan memanfaatkan situasi," ungkap Kapolda pada awak media.

Sementara walikota Semarang, Hendrar Prihadi meminta warga Semarang tidak melakukan aksi panic buying minyak goreng. 

"Lakukan pembelian secara wajar agar supply and demand bisa seimbang," kata pria yang akrab dipanggil Hendi tersebut.

Walikota juga meminta masyarakat mempercayakan pengawasan ketersediaan minyak pada Polri dan stakeholder terkait. Hasil laporan di lapangan, kata Hendi, stok minyak cukup dan masyarakat diharapkan cerdas untuk tidak berlebihan menggunakan minyak goreng.

"Apabila ada stok yang terhambat distribusinya atau ada penyimpangan, silahkan masyarakat melaporkan ke satgas pangan. Sejauh ini stok mencukupi dan jangan panic buying apalagi menimbun," himbaunya.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut