get app
inews
Aa Read Next : Respon Jusuf Kalla Terhadap Kabinet Merah Putih Pemerintahan Presiden Prabowo

Ribuan Massa Rela Berdiri di Pinggir Jalan Berjam-jam Sambut  Kedatangan Jokowi Pulang ke Solo

Minggu, 20 Oktober 2024 | 20:08 WIB
header img
Massa rela berdiri di jalan Berjam-jam sambil hujan hujanan menunggu kedatangan Jokowi pulang ke Solo (Foto: iNewskaranganyar. id/Bramantyo)

SOLO, iNewskaranganyar. id - Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) tiba di Pangkalan Udara Adi Soemarmo, Solo, Minggu (20/10/2024).

Pesawat milik TNI Angkatan Udara yang membawa Jokowi dan Iriana mendarat di Pangkalan Udara Adi Soemarmo sekira pukul 16.05 WIB. 

Pantauan iNewskaranganyar. id, Panglima TNI Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ikut mengawal kepulangan Jokowi dan Iriana setelah purna tugas sebagai Presiden RI ke 7.

Tanpa beristirahat, Jokowi dan Iriana melanjutkan perjalanan menuju kediaman pribadinya di Sumber, Solo dengan menggunakan kendaraan Jeep militer terbuka. 

Kedatangan Jokowi dan Iriana telan ditunggu ribuan masyarakat Soloraya. Mulai dari Pangkalan Udara Asia Soemarmo hingga kediaman pribadi pribadi di Sumber, massa berjejer di pinggir jalan. 

Mereka rela berdiri berjam-jam. Termasuk saat gerimis mengguyur, merekapun tidak beranjak dari tempatnya.

Bahkan Nurhayati salah satu warga Klaten mengaku dirinya sudah dari jam 13.00 WIH sudah ada di Blulukan, Colomadu, Karanganyar. 

"Saya dari Klaten, sudah dari jam 13.00 WIB, datang ke sini. Ini sama rombongan, " terang perempuan yang mengenakan kaos PSI. 

Puluhan spanduk bertuliskan selamat datang kembali di kampung halaman serta ucapan Terima kasih dibentangkan massa. Merekapun mengibarkan bendera asal mereka. 

Tak berhenti disitu saja, beberapa luas jalan, mulai dari jalan menuju bandara dan sebaliknya, depan Lorin hotel, depan Gedung DPRD, hingga SPBU Manahan digelar panggung hiburan musik.

Senada, Sari Widodo warga Klaten lainnya yang satu rombongan dengan Nurhayati mengaku sangat mengidolakan Presiden asal Solo itu karena merupakan sosok pemimpin yang sederhana serta menepati janji kampanyenya. 

"Sederhana tapi disiplin keras . Selama 10 tahun memimpin banyak kemajuan pembangunannya, terus tidak banyak proyek mangkrak janjinya banyak ditepati peduli orang bawah juga," kata dia. 

Di sisi lain, sejumlah pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Solo juga ikut hadir guna menyambut kepulangan Jokowi. 

Pemkot sbelumnya berencana akan membuat sebuah acara seremonial yang di dalamnya berisi pasrah tinampi, penyerahan hingga penerimaan.

Namun demikian, Pjs Wali Kota Solo, Dhoni Widianto mengungkapkan bahwa konsep acara itu batal terselenggara. 

"Prosesi yang fix prosesi nggak ada yang khusus hanya menyambut beliau menyambut kediaman kemudian kami dari program tim beliau kemudian sampai kediaman ramah tamah," bebernya. 

Sementara itu Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi menyebut akan ada minimal 30.000 orang turun ke jalan untuk menyambut Jokowi di sepanjang rute Bandara Adi Soemarmo - Kediaman Sumber. 

"Intelijen memberikan masukan kepada kita mengenai euforia masyarakat yang akan hadir karena diperkirakan lebih dari 30.000 masyarakat akan ikut hadir menyemarakkan menyambut kepulangan beliau presiden ke-7 Bapak Insinyur Joko Widodo dan Ibu Riana," kata dia setelah apel pasukan.

Iwan menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres se-Soloraya guna melakukan pengamanan. Total ada 1.116 personel gabungan dari TNI-POLRI, Dinas Perhubungan dan Satpol PP.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut