get app
inews
Aa Read Next : Cocote Tonggo Film Kehidupan Bertetangga Karya Bayu Skak,Full Gunakan Bahas Jawa Mataraman Khas Solo

FEB UNS dan DDTC Sepakati Kerja Sama Pendidikan Pajak

Selasa, 21 Mei 2024 | 11:57 WIB
header img
FEB UNS dan DDTC Sepakati Kerja Sama Pendidikan Pajak (Foto: Ist)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret (FEB UNS) bersama DDTC jalin  bekerjasama pendidikan dalam bidang pajak.

Kerja sama tersebut mendapat dukungam dari Keluarga Alumni FEB (KAFEB) UNS.

Ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (Memorandum of Agreement/MOA) antara DDTC dan FEB UNS tentang Pengembangan dan Peningkatan Pendidikan pada Senin, (20/5) bertempat di UNS Tower Solo. 

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Founder DDTC Darussalam dan Dekan FEB UNS Djoko Suhardjanto, yang diwakili Plt Wakil Dekan Bidang 1 Dwi Prasetyani. Disaksikan juga oleh Wakil Rektor UNS Bidang IV UNS Irwan Trinugroho. 

Wakil Dekan Bidang 1 Dwi Prasetyani sebut kerjasama ini merupakam kolaborasi antara FEB UNS dan DDTC dengan dukungan KAFEB UNS. 

"Dedikasi DDTC kepada FEB UNS luar biasa. Ini kesempatan yang baik, terutama bagi para mahasiswa FEB UNS. Misalnya, dapat merasakan pengalaman bekerja dan magang," jelasnya, Senin (20/5/2024). 

Ada beberapa kegiatan yang menjadi ruang lingkup dari MOA antara FEB UNS dan DDTC. Misalnya, DDTC Executive Internship Program, DDTC Professional Recruitment.

"Termasuk seminar dan pelatihan, workshop bagi pengajar, pengembangan kurikulum perpajakan, dan penelitian," lanjutnya. 

Founder DDTC Darussalam mengatakan institusinya sangat terbuka dengan berbagai kolaborasi kegiatan konkret yang akan dilaksanakan pasca penandatanganan MOA. 

Salah satunya adalah kegiatan penelitian bersama dan pemagangan (internship). Kita siap untuk menerima program magang dari mahasiswa. Termasuk siap mendidik dosen-dosen pajak yang ada di FEB

Kerja sama itu merupakan wujud konkret dari salah satu misi DDTC, yaitu mengeliminasi informasi asimetris dalam masyarakat pajak Indonesia.

"Sampai saat ini, DDTC telah menjalin kerja sama dengan 38 perguruan tinggi di Indonesia," ujar Darussalam.

Wakil Rektor Bidang IV UNS Irwan Trinugroho menambahkan,  UNS akan terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk DDTC, untuk menciptakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

"Bahkan Rektorat UNS dan DDTC juga telah menandatangani memorandum of understanding (MOU). Selain dengan FEB UNS, DDTC juga telah meneken perjanjian kerja sama atau MOA dengan Sekolah Vokasi UNS," lanjutnya. 

Selain itu adanya kebijakan Kampus Merdeka juga menjadi pintu masuk bagi universitas untuk terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan praktisi dan industri. 

"Hal yang penting bagi mahasiswa adalah knowledge, skill, analytical thinking, serta practical. Harapannya, lulusan FEB UNS dapat mengikuti perkembangan zaman dan dinamika industri, termasuk dalam bidang pajak," paparnya.

Berdasarka The QS World University Rankings pada 2024, FEB UNS menduduki peringkat ke-4 terbaik untuk jurusan ekonomi di Indonesia. 

Kemudian, dalam pemeringkatan Webometrics pada Januari 2024, UNS menempati posisi ke-7 di Indonesia.

Selain seremonial penandatanganan MOA antara DDTC dan FEB UNS, ada 2 agenda lain dalam acara KAFEB Talk X DDTC ini. Pertama, bedah buku terbaru DDTC berjudul Konsep Dasar Pajak: Berdasarkan Perspektif Internasional.

Buku ke-24 ini diluncurkan bertepatan dengan momentum hari ulang tahun (HUT) ke-17 DDTC yang jatuh pada 20 Agustus 2024. Buku ini ditulis oleh Darussalam bersama Founder DDTC Danny Septriadi dan Tax Expert, CEO Office DDTC Atika Ritmelina Marhani.

Kedua, KAFEB Talk: Kickstarting Your Career in Taxation. Darussalam menyampaikan materi tentang peluang berkarier pada sektor perpajakan yang sangat luas. 

Tidak hanya itu, sebagai bagian dari wujud konkret dari kerja sama, DDTC membuka jalur eksklusif magang untuk mahasiswa UNS. 

"DDTC memberikan golden ticket untuk mengikuti Seleksi Akbar Internship DDTC Eksklusif untuk Mahasiswa UNS kepada para peserta acara," tandasnya.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut