get app
inews
Aa Read Next : Cocote Tonggo Film Kehidupan Bertetangga Karya Bayu Skak,Full Gunakan Bahas Jawa Mataraman Khas Solo

Mahasiswa KKN 52 UNS Mengembangkan Pemasaran Digital Dengan Pembuatan Website UMKM Di Desa Joho

Senin, 11 Maret 2024 | 20:18 WIB
header img
Mahasiswa KKN 52 UNS Mengembang Pemasaran Digital Dengan Pembuatan Website UMKM Di Desa Joho (Foto: Ist)

KEGIATAN Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Tim KKN 52 UNS pada bulan Januari - Februari 2024 telah membuat website yang berisikan mengenai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Desa Joho, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri.

Hal tersebut karena di Desa Joho terdapat berbagai macam bentuk usaha seperti pembuatan batik, pembuatan topeng, pengolahan kacang mete, kripik peyek, dan sebagainya. 

Berbagai macam UMKM di Desa Joho, membuat Tim KKN 52 UNS di bawah bimbingan Malik Cahyadin berinisiatif untuk membuat sebuah wadah yang dapat menampung seluruh informasi-informasi mengenai UMKM yang ada. Tim KKN 52 UNS melihat ada banyak potensi yang dapat ditunjukkan serta juga ingin membawa UMKM Desa Joho ke era digital. 

Pada era digital ini, TIM KKN 52 UNS melihat ada peluang bahwa Desa Joho dapat memanfaatkan website sebagai tempat untuk memperkenalkan potensi-potensi ekonomi yang ada kepada masyarakat luas, dari usaha kerajinan tangan, pembuatan olahan makanan, olahan hasil pertanian, hingga usaha tekstil. 


Tampilan website buatan mahasiswa KKN UNS (Foto: ist)

 

Hal ini dikarenakan beberapa UMKM yang ada telah melakukan banyak menerima pesanan dari luar daerah.

Kehadiran website untuk UMKM Desa Joho dapat memberikan kemudahan dalam mencari informasi mengenai produk-produk yang ada.

Dalam website tersebut akan menampilkan gambar produk yang dijual, deskripsi produk serta kontak person yang dapat dihubungi untuk pemesanan. 

 “Adanya website yang telah dibuat oleh teman-teman KKN UNS menjadikan nilai tambah untuk Desa Joho dan masyarakat mengenai perkembangan dunia pemasaran online. Adanya website ini kita menjadi tahu bagaimana melakukan pemasaran melalui digital dengan praktik website” Ungkap Suwarno, Kepala Desa Joho pada hari Rabu, 6 Maret 2024

Penyerahan Website UMKM Desa Joho oleh Ketua KKN 52 UNS Kepada Kepala Desa Joho.

Lebih lanjut, website ini akan diserahkan kepada Desa Joho untuk bisa dapat dikelola lebih lanjut dan dapat menjadi tempat dalam mengumpulkan potensi usaha kedepannya.

Berbagai informasi mengenai UMKM Desa Joho dapat diakses melalui website dengan link umkmjoho.com Oleh karena itu, pelaku usaha dapat berkolaborasi dengan Desa Joho untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal melalui digital

Identitas TIM KKN 52 UNS: Dendy Halim Kusuma, Anjani Elmawati, Bagus Harry Nugroho, Hendra Dwi Saputra, Kresnani Ayu Wardani, Yanisa Vany Mahasiwi, Yudistira Dwika Yunianta, dan Zahra Ivena Maurilla Devi. ***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut