get app
inews
Aa Read Next : Keraton Kasunanan Luncurkan Portal Resmi Digital, Kenalkan Tradisi Jawa Untuk Dunia Internasional

Wow, Inilah 7 Biaya Pernikahan Adat Termahal Di Indonesia, Bisa Sampai Miliaran

Rabu, 31 Januari 2024 | 20:39 WIB
header img
Wow, Inilah 7 Biaya Pernikahan Adat Termahal Di Indonesia, Bisa Sampai Miliaran (Foto: Wikipedia)

KARANGANO, iNewskaranganyar.id - Pernikahan salah satu prosesi paling sakral dalam kehidupan manusia. 

Bagaimana tidak, pernikahan itu menyatukan dua hati yang berbeda dalam satu ikatan suci. 

Karena itulah, tak heran banyak pernikahan yang digelar secara besar-besaran. Meskipun dana yang dikeluarkan cukup besar. 

Indonesia salah satu negara yang kaya akan adat istiadat. Di Indonesia, selain kaya akan adat istiadat, juga banyak suku. 

Setiap suku memiliki adat serta tradisi sendiri-sendiri. Termasuk dalam menggelar pernikahan. Ada 7 biaya pernikahan adat termahal di Indonesia, apa saja. 

1. Pernikahan Adat Nias

Pernikahan adat termahal di Indonesia yang pertama adalah Nias di Sumatera Utara. Mahar adat Nias ditentukan oleh status sosial dan ekonomi seseorang.

Dalam prosesi lamaran, seorang calon mempelai laki-laki harus mempersiapkan minimal 25 ekor babi, di mana harga satu ekornya sekitar Rp2 juta hingga Rp4 juta per ekor.

Jika syarat wajib ini tidak terpenuhi, maka menantu laki-laki harus mengabdi kepada mertuanya sampai besaran mahar tersebut terpenuhi.

2. Pernikahan Adat Bugis

Pernikahan adat Bugis di Sulawesi Selatan diperkirakan menelan biaya hingga miliaran rupiah. Pengeluaran terbesar adalah untuk uang mahar atau uang panaik. Itu karena dalam adat Bugis, uang panaik dianggap sebagai tanda keseriusan calon pengantin laki-laki untuk mendapatkan calon istrinya.

Mahar ditentukan oleh beberapa faktor, di antaranya garis keturunan calon istri, pendidikan, pekerjaan, dan tidak jarang kecantikan perempuan juga menjadi faktor yang mempengaruhi.

3. Pernikahan Adat Batak

Suku Batak di Sumatera Utara terkenal sangat menjunjung tinggi adat dan budayanya. Pernikahan ada termahal di Indonesia lainnya adalah pernikahan adat Batak karena ada prosesi adat dari perkenalan hingga pelaminan yang melibatkan keluarga besar.

Selain itu, ada uang mahar khusus yang disebut sinamot. Besaran uang mahar tergantung dengan tingkat pendidikan dan pekerjaan mempelai perempuan. Semakin tinggi pendidikan dan pekerjaannya maka mahar yang diberikan bisa semakin besar.

Di sisi lain, kain ulos yang dipakai dalam pernikahan pun tergolong mahal harganya sebagai penanda status sosial. Biasanya ulos yang diberikan untuk keluarga kedua mempelai adalah ulos yang terbaik, di mana harganya bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut