get app
inews
Aa Read Next : Prodi S-3 Kajian Budaya FIB UNS Gelar Kuliah Pakar Metodologi Kajian Kritis

Serentak 11-11, MIB Gelar Aksi Gerakan Mahasiswa Berbagi

Jum'at, 12 Januari 2024 | 10:33 WIB
header img
Serentak 11-11, MIB Gelar Aksi Gerakan Mahasiswa Berbagi (Foto: Ist)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Gerakan Mahasiswa Indonesia Bersatu (MIB) menggelar aksi serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 11, bulan 1, mulai pukul 11 waktu daerah masing-masing.

Dengan tema 'Aksi Mahasiswa Berbagi', Gerakan MIB membagikan hasil kajiannya selama ini terkait catatan-catatan kelam perjalanan bangsa yang harus diwaspadai bersama.

Di Solo Raya, aksi serentak digelar di 13 kampus ternama. 13 kampus tersebut adalah Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Islam Batik (Uniba), Universitas Surakarta (Unsa), Universitas Tunas Pembangunan (UTP).

Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Universitas Setia Budi Surakarta (USBS), UIN RM Said, Universitas Pignatelli Triputra, Universitas Veteran (Univet) Sukoharjo, Institut Maba'ul Ulum Surakarta, Universitas Muhammadiyah Karanganyar, dan ISI Surakarta.

Di depan kampus UNS di Jalan Ir Sutami misalnya, para aktivis mahasiswa tersebut membagi-bagikan cetakan yang telah mereka bawa kepada sesama mahasiswa yang keluar masuk pintu gerbang kampus.

Sebagian lainnya membagi-bagikannya kepada para pengguna jalan. Ada juga yang membagikan cetakan tersebut kepada para pedagang di seputar pintu gerbang hingga yang berada di seberang jalan.

"Kami menggelar 'Aksi Mahasiswa Berbagi', dengan membagikan hasil kajian kami terkait noktah hitam perjalanan bangsa, rekam jejak kekerasan di masa lalu, pengkhianatan demokrasi, hingga pembegalan amanat reformasi oleh para konspirator yang patut diduga sebagai kekuatan neo-Orba yang ingin membangun kembali rezim otoriter bercorak militeristik," ujar koordinator Gerakan MIB untuk Solo Raya, Rayhan Verdiansyah, kepada wartawan di depan kampus UNS, Solo, Kamis (11/1/2024).

Di setiap titik pembagian, para aktivis kampus yang bergerak tersebut membagikan masing-masing 5.000 eksemplar cetakan hasil kajian bersama.

Cetakan itu dibagikan cuma-cuma kepada sesama mahasiswa, pengguna jalan, dan tempat-tempat keramaian. Reyhan mengatakan pembagian cetakan hasil kajian tersebut bertujuan membangun kesadaran bersama bahwa masih ada persoalan-persoalan penting yang belum terselesaikan namun kemudian ditutup-tutupi dengan berbagai cara oleh para pelakunya.

Apalagi pihak-pihak para pelaku tersebut kini punya kepentingan politik bersama untuk meraih kekuasaan lewat Pilpres 2024 mendatang.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut