get app
inews
Aa Read Next : Remuk! Sudah Dihamili Pasangannya, Turis Tanzania Ditinggal Sendirian di Bali, Endingnya Dideportasi

Fakta Unik Gunung Kilimanjaro, Pohon Berusia Ratusan Tahun di Gunung Tertinggi Benua Afrika

Selasa, 26 September 2023 | 10:10 WIB
header img
Fakta Unik Gunung Kilimanjaro, Pohon Berusia Ratusan Tahun di Gunung Tertinggi Benua Afrika (Foto: Wikipedia)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Gunung Kilimanjaro atau dulu disebut Kaiser-Wilhelm-Spitze adalah gunung di timur laut Tanzania. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas, tingginya 4.600 m bila diukur dari kaki gunung.

Puncak Kilimanjaro sekaligus merupakan puncak tertinggi di Afrika, dengan ketinggian 5.895 meter di atas permukaan laut. Gunung ini juga disebut Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang berarti gunung putih dalam bahasa Masai.

Kilimanjaro adalah gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo. 

Di Tanzania, puncak Kibo dikenal sebagai Puncak Uhuru.[9] Pada tahun 2003, vulkanolog Jerman bernama Volker Lorenz memperkirakan es cair terdapat di bawah permukaan kawah pada kedalaman 121,9 m (400 kaki).

Belum lama ini, publik dikejutkan dengan penemuan pohon tertinggi di Afrika. Pohon ini ditemukan di wilayah Kilimanjaro. Penemuan ini seketika membuat pemerintah setempat berharap akan semakin banyak wisatawan yang datang ke kawasan Gunung Kilimanjaro.

Pohon raksasa dengan nama latin entandrophragma excelsum berdiri tegak dengan tinggi 81,5 meter. Pohon ini ditemukan tahun lalu oleh Dr Andreas Hemp dan Dr Claudia Hemp dari Universitas Bayreuth di Jerman.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut