get app
inews
Aa Read Next : Bingung Libur Lebaran Mau ke Mana? Yuk Jelajahi Air Terjun Cantik di Ngargoyoso Waterfall

8 Gunung Tertinggi di Provinsi Jawa Tengah, Gunung Lawu Posisi Berapa?

Sabtu, 23 September 2023 | 19:51 WIB
header img
8 Gunung Tertinggi di Provinsi Jawa Tengah, Gunung Lawu Posisi Berapa? (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

7. Gunung Prau

Gunung tertinggi di Jawa Tengah selanjutnya ada Gunung Prau. Kabarnya, gunung ini disebut sebagai tempat terbaik se-Asia Tenggara apabila ingin melihat matahari terbit. Terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Gunung Prau memiliki tinggi 2.565 mdpl.

6. Gunung Merapi

Merapi dikenal sebagai salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Tapi selain itu, Merapi juga masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Ketinggiannya sendiri mencapai 2.968 mdpl. Sebagai informasi, di lereng Gunung Merapi terdapat sejumlah lokasi wisata seperti Merapi Park, The World Castle, Lava Tour Merapi, dan lain-lain.

5. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah satu dari sederet gunung tertinggi di Jawa Tengah. Diketahui, ketinggiannya mencapai 3.142 mdpl pada puncak Kenteng Songo.

Ada sejumlah mitos terkenal di Gunung Merbabu. Antara lain, setan gendong dan larangan mengenakan pakaian hijau maupun merah.

4. Gunung Sindoro

Salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah berikut ini masih berstatus sebagai gunung api aktif. Memiliki ketinggian 3.150 mdpl, pendaki bisa melakukan pendakian dari jalur Kledung, Kabupaten Temanggung.

Diperkirakan, waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak Gunung Sindoro berkisar 5 sampai 6 jam perjalanan.

Yang menarik, terdapat hamparan kebun teh nan asri di sekitar Gunung Sindoro. Perkebunan teh ini berada pada ketinggian sekitar 1600-an mdpl dan berada di kaki Gunung Sindoro serta perbukitan sekitarnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut