get app
inews
Aa Read Next : Bingung Libur Lebaran Mau ke Mana? Yuk Jelajahi Air Terjun Cantik di Ngargoyoso Waterfall

8 Gunung Tertinggi di Provinsi Jawa Tengah, Gunung Lawu Posisi Berapa?

Sabtu, 23 September 2023 | 19:51 WIB
header img
8 Gunung Tertinggi di Provinsi Jawa Tengah, Gunung Lawu Posisi Berapa? (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Jawa Tengah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki bentangan gunung cukup banyak. Selain memiliki bentangan pegunungan cukup banyak, pegunungan di Jawa Tengah termasuk salah satu primadona para pendaki.

Pasalnya, jalur pendakian gunung di Jawa Tengah dikenal memiliki jalur pendakian yang menantang bagi para pendaki. Setidaknya, Jawa Tengah dihuni oleh 8 gunung tertinggi. Berani menaklukannya?

Catat inilah deretan sejumlah gunung tertinggi di Jawa Tengah berikut ini.

8. Gunung Rogojembangan

Urutan pertama gunung tertinggi di Jawa Tengah diduduki oleh Gunung Rogojembangan. Tinggi gunung tersebut mencapai 2.117 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Jika ingin mendaki Gunung Rogojembangan, pendaki bisa memilih dua akses yakni antara Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara atau Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Adapun gunung ini termasuk puncak di pegunungan Serayu Utara.

7. Gunung Prau

Gunung tertinggi di Jawa Tengah selanjutnya ada Gunung Prau. Kabarnya, gunung ini disebut sebagai tempat terbaik se-Asia Tenggara apabila ingin melihat matahari terbit. Terletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Gunung Prau memiliki tinggi 2.565 mdpl.

6. Gunung Merapi

Merapi dikenal sebagai salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Tapi selain itu, Merapi juga masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Ketinggiannya sendiri mencapai 2.968 mdpl. Sebagai informasi, di lereng Gunung Merapi terdapat sejumlah lokasi wisata seperti Merapi Park, The World Castle, Lava Tour Merapi, dan lain-lain.

5. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah satu dari sederet gunung tertinggi di Jawa Tengah. Diketahui, ketinggiannya mencapai 3.142 mdpl pada puncak Kenteng Songo.

Ada sejumlah mitos terkenal di Gunung Merbabu. Antara lain, setan gendong dan larangan mengenakan pakaian hijau maupun merah.

4. Gunung Sindoro

Salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah berikut ini masih berstatus sebagai gunung api aktif. Memiliki ketinggian 3.150 mdpl, pendaki bisa melakukan pendakian dari jalur Kledung, Kabupaten Temanggung.

Diperkirakan, waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke puncak Gunung Sindoro berkisar 5 sampai 6 jam perjalanan.

Yang menarik, terdapat hamparan kebun teh nan asri di sekitar Gunung Sindoro. Perkebunan teh ini berada pada ketinggian sekitar 1600-an mdpl dan berada di kaki Gunung Sindoro serta perbukitan sekitarnya.

3. Gunung Lawu 

Gunung Lawu adalah gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.265 mdpl. Gunung Lawu memiliki tiga puncak yang terkenal antara lain Hargo dalem, Hargo Dumiling, dan puncak tertinggi bernama Hargo Dumilah. 

Lokasi Gunung Lawu masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karanganyar di Jawa Tengah, serta Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi di Jawa timur Untuk mencapai puncaknya, pendaki bisa memilih jalur pendakian Gunung Lawu via Cemorokandang, Cemorosewu, atau Candi Cetho.

2. Gunung Sumbing

Ketinggian Gunung Sumbing mencapai 3.371 mdpl. Wajar saja apabila gunung ini masuk dalam jajaran gunung tertinggi di Jawa Tengah.

Lokasi Gunung Sumbing berada di Kabupaten Magelang, Temanggung, dan juga Wonosobo. Konon, gunung ini menyimpan kisah mistis, salah satunya adalah pengakuan warga hingga pendaki yang melihat makhluk bercahaya yang diyakini sebagai peri.

1. Gunung Slamet

Dari semua gunung, Gunung Slamet lah yang tertinggi di Jawa Tengah. Dengan ketinggian 3.432 mdpl, Slamet bahkan menempati urutan kedua sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Apabila ingin menaklukan gunung ini, pendaki bisa melewati tiga jalur. Adapun jalur tersebut meliputi sebelah barat Kaliwadas, jalur selatan Baturaden, dan jalur timur Bambangan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut