get app
inews
Aa Read Next : Mengungkap Misteri Tabir Kota Sarajana, Kota Gaib yang Digambarkan Sangat Moderen

Misteri Kerajaan Jin Wentira, Kota Gaib yang Dijaga 7 Panglima Perang

Sabtu, 23 September 2023 | 12:27 WIB
header img
Misteri Kerajaan Jin Wentira, Kota Gaib yang Dijaga 7 Panglima Perang (Foto: ilustrasi/Pixebay)

PALU, iNewskaranganyar.id - Wentira mungkin masih asing bagi telinga sebagian masyarakat Indonesia. Tetapi bagi masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng), nama tempat ini menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan

Nama Wentira berasal dari kata Ngata Uwentira berarti kota tak kasat mata atau tidak terlihat. Lokasinya berada di hutan lebat pada pegunungan yang terletak antara Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong, Sulteng. Konon tempat ini dijaga 7 Panglima Perang dari bangsa Jin.

Sementara itu Suku Toraja Kuno menyebutnya To Wae Ntira. Menurut beberapa cerita saat masuk dalam dunia Wentira, nantinya kita akan terombang-ambing di antara dunia nyata dan dunia supranatural.

Seperti hal namanya, tempat ini merupakan kota gaib, lantaran tidak semua orang bisa melihatnya bahkan mengunjunginya. Hanya orang-orang yang diberikan "kemampuan lebih" yang mampu menembus kota ini atau beberapa sedang sial seperti tersesat.

Kawasan Wentira memang dikenal sebagai tempat paling angker bukan hanya di Sulawesi, tetapi juga di Indonesia. Di sini dianggap salah satu tempat Kerajaan Jin yang terbesar di Indonesia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut seputar misteri Wentira :

1. Kota Atlantis yang hilang dan tak kasat mata

Konon, banyak yang percaya bahwa Kota Wentira ini sebagai titik paling angker di Indonesia. Segelintiran masyarakat percaya bahwa kota ini merupakan warisan dari benua Atlantis yang hilang.

Hal itu disebabkan karena banyak beredar cerita mistis yang sudah berkembang dan turun temurun yang terjadi dikota ini.

Masyarkat yang mempunyai kemampuan khusus melihat bahwa tempat ini merupakan tempat peradaban yang modern, maju dan berkembang. Hal itu juga di dukung oleh seseorang yang mempunyai kelebihan khusus mengklaim bahwa kota tersebut sangat maju sampai tidak ada masyarakat satu pun yang hidup miskin di kota tersebut.

2. Tempat Kerajaan Jin Terbesar

Penduduk asli Wentira ini percaya bahwa kota ini masuk dalam kerajaan jin terbesar. Tepatnya terletak di daerah perkebunan kopi di antara kota Palu dan Kabupaten Buton atau di tengah hutan belantara yang lebat dan seram.

3. Terdapat gerbang berwarna kuning yang disebut gerbang gaib

Tugu berwarna kuning di kota ini merupakan pintu masuk dari gerbang gaib kota angker ini. Masyarakat setempat percaya jika pada tempat inilah merupakan tujuan untuk masuk ke kota gaib menuju Kota Wentira.

Cerita rakyat yang berkembang disana menyebutkan bahwa kota ini merupakan tempat para raja yang memiliki 7 panglima perang. Jika di hitung dan dijabarkan maka banyaknya balai pemimpin bisa menutupi seluruh lautan Indonesia.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut