get app
inews
Aa Read Next : Erupsi Gunung Marapi, Sebanyak 47 Pendaki Terdampak

Terobos Banjir, Mahasiswa Tewas Terseret Arus Saat Hendak Berangkat Kuliah di Nias Selatan

Rabu, 20 September 2023 | 16:53 WIB
header img
Terobos Banjir, Mahasiswa Tewas Terseret Arus Saat Hendak Berangkat Kuliah di Nias Selatan (Foto: BNPB)

NIAS, iNewskaranganyar.id - Seorang mahasiswa tewas setelah terseret arus banjir yang terjadi di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Selasa (19/9/2023).  Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nias Selatan, Epa Dekhi, kejadian itu terjadi sekira pukul 13.00 WIB. Saat itu korban nekat menerobos banjir saat hendak menuju kampus.

“Korban ini adalah mahasiswi yang hendak berangkat ke kampusnya sekitar pukul 13.00 WIB. Namun dia nekat menerobos banjir yang arusnya memang pada saat itu cukup deras. Akhirnya korban terseret arus banjir,” jelas Epa Dekhi, Rabu (20/9/2023).

Tim gabungan pencarian dan pertolongan dari BPBD Kabupaten Nias Selatan, Basarnas, TNI dan Polri kemudian berhasil menemukan jasad korban dalam jarak kurang lebih 100 meter dari lokasi kejadian. 

Upaya pencarian dan pertolongan sempat terkendala karena arus banjir masih cukup deras sehingga dengan alasan keamanan, tim harus menunggu situasi sampai kondusif. Setelah berhasil ditemukan pada pukul 18.30 WIB, jasad korban kemudian diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikebumikan.

“Korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada pukul 18.30 WIB kemarin. Tim saat itu belum bisa serta merta langsung melakukan pencarian dan pertolongan karena memang arus banjir ini sangat deras dan kondisi masih hujan deras,” kata Epa.

Lebih lanjut Epa mengatakan banjir yang terjadi akibat tingginya curah hujan ini melanda empat kecamatan yakni Kecamatan Luahagundre, Fanayama, Teluk Dalam, Toma dan Onolalu. 

Selain banjir, Epa mengatakan bahwa cuaca ekstrem itu juga memicu terjadinya tanah longsor di dua titik, yakni di Kecamatan Onolalu dan Kecamatan Teluk Dalam. Ia mengatakan, material longsor di Onolalu sampai saat ini memutus akses lalu lintas, sedangkan yang ada di Teluk Dalam masih dapat dilalui kendaraan. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut