get app
inews
Aa Read Next : Bingung Libur Lebaran Mau ke Mana? Yuk Jelajahi Air Terjun Cantik di Ngargoyoso Waterfall

Kisah Misteri di Balik Keindahan Gunung Wilis yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri

Selasa, 22 Agustus 2023 | 17:26 WIB
header img
Kisah misteri di balik keindahan Gunung Wilis yang bikin bulu kuduk berdiri. Foto: Okezone

Terbitan ini menyatakan bahwa terdapat sebuah bekas kerajaan yang sekarang sepi dan terletak di kaki Gunung Wilis. Hampir dua abad kemudian, pada Maret 1866, NW Hoepermans tidak lagi menemukan reruntuhan kayu seperti apa yang digambarkan De Jonge, tetapi sejumlah besar batu merah yang terhampar secara luas dan memanjang.

Hoepermans masih di masa kependudukan kolonial Belanda juga menemukan beberapa pondasi tua di area yang sama. Sayang pada 1905 dan 1906, ekspedisi J. Knebel bahkan tidak lagi dapat menemukan dapat menemukan jejak keraton di tempat itu ataupun di dalam ingatan orang-orang desa setempat.

Dari keraton yang diperkirakan bernama Gelang ini, ditemukan sebuah patung Durga dengan angka tahun 1338 Śaka atau 1414 Masehi. Selain itu, di sebuah masjid yang berada di Dusun Ngrawan, Dolopo, Madiun ditemukan sebuah yoni.

Di masjid yang sama, konon terdapat sebuah kuburan yang menjadi tempat peristirahatan prajurit bernama Tambakyudo dari Cempolo. Menurut kisah penduduk, dia tewas dalam pertempuran melawan Ratu Gelang.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut