get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 5 Tempat Wisata Sejarah di Kota Solo: Cek Nomor 2 Tengah Direnovasi

Lantunan Sholawat Iringi Haul Sultan Agung yang Digelar Keraton Kasunanan Surakarta

Minggu, 20 Agustus 2023 | 22:15 WIB
header img
Lantunan Sholawat Iringi Haul Sultan Agung yang Digelar Keraton Kasunanan Surakarta (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO,iNewskaranganyar.id - Keturunan dinasti Mataram Kraton Kasunanan Surakarta yang dimotori Lembaga Dewan Adat (LDA) menggelar tahlil untuk memperingati wafatnya Kanjeng Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo.

Acara Wilujengan Pengetan Dinten Surud Dalem Kanjeng Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo digelar di Pagelaran Kraton Kasunanan Surakarta.  Haul Sultan Agung Hanyokrokusumo tersebut juga diisi dengan tausiyah Ahmad Muwafiq atau lebih dikenal dengan Kyai Muwafiq atau Gus Muwafiq adalah salah satu ulama dari Yogyakarta.

Wilujengan Surud Dalem atau peringatan hari wafatnya Sultan Agung Hanyokrokusumo ini merupakan bagian dari tradisi Keraton yang diselenggarakan untuk mendoakan raja pertama Mataram Islam.

Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Eddy Wirabumi, Ketua Eksekutif Lembaga Hukum Keraton Surakarta sebut Wilujengan Surud Dalem kaping 378M/390J Ingkang Sinuwun Kanjeng Sultan Agung Prabu Hanyokrokusumo atau haul dari Raja Mataram 378 masehi dan 390 penanggalan Jawa ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 78.

"Karena haul Sinuhun Kanjeng Sultan Agung bertepatan  di bulan Proklamasi dan  hari kemerdekaan maka temanya spirit perjuangan Sultan Agung," paparnya. 

Diharapkan acara yanh digelar kali ini mampu mbangkitankan  spirit perjuangan Sultan Agung yang dimulai dari Keraton Surakarta. Ditambahkan Kanjeng Wiro, acara dimulai dengan pembacaan tahlil dzikir, sahabat kures, dan sholawat Sultan Agung, yang dipimpin ulama Keraton Surakarta.

Sebelum acara, diawali dengan iring-iringan keluarga keraton dan prajurit keluar dari Keraton Surakarta menuju Sasana Pagelaran melalui Sitinghinggil. Sambil membawa  uborampe serta papan nama raja-raja Mataram.

Baik dari Amangkurat hingga Paku Buwono XIII. Papan nama tersebut dibawa oleh keturunan dari para raja tersebut. Diketahui Sultan Agung merupakan salah satu Raja Kesultanan Mataram.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut