get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Sederhana, Warga Ngadisono Joglo Gelar Malam Tirakatan: Pesan Wali Kota Solo untuk Menjaga Keamanan

Rabu, 16 Agustus 2023 | 21:21 WIB
header img
Warga Ngadisono Rt 02/02, Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo saat menggelar tasyakuran malam tirakatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 (Foto: iNewskaranganyar.id/Doni Mahendro)

SOLO, Inewskaranganyar.id - Bukan hanya kumpul-kumpul, warga Ngadisono Rt 02/RW 02, Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah menggelar acara tasyakuran dalam rangka tirakatan menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 78.

Dalam penyelenggaraan itu pun terselip pesan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Acara yang di gelar di gedung pertemuan milik ibu Hj. Sumanto, Ngadisono Rt 02/RW 02, Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, pun cukup meriah meski di gelar dengan sederhana, Rabu 16 Agustus 2023.

Tampak sesepuh, tokoh masyarakat, dan warga setempat kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai pembuka acara.

Setelah itu disusul dengan mengheningkan cipta, koor ibu-ibu Dasa Wisma (Dawis) Rt 02/02, Kelurahan Joglo, pembagian door prize hingga pentas seni.

Ketua Panitia, Beny Utomo menjelaskan terkait penyelenggaraan acara tirakatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Ngadisono Rt 02/02.

Menurut Beny, acara tersebut sudah dipersiapkan dengan matang oleh karang taruna.

"Dengan mengusung tema 'Terus Melaju untuk Indonesia Maju' acara ini dapat berjalan dengan sukses dengan semangat gotong royong warga Ngadisono Rt 02/02," terang Beny Utomo.

"Saya sebenarnya juga dipilih jadi panitia juga di Jawa timur, tapi saya lebih memilih di sini Ngadisono. Karena warga disini juga penuh semangat kemerdekaan, perayaan tirakatan disini dengan di sana hampir sama, cuma bedanya di sana (Jawa Timur, red) diselenggarakan satu rw ada tujuh Rt, tapi disini hanya satu Rt," ujarnya.

Dengan demikian, acara tasyakuran malam tirakatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Ngadisono pun terselip pesan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Pesan orang nomor satu si Solo itu disampaikan oleh Ketua RW 02, Prawoto.

"Acara tasyakuran malam tirakatan ini semoga bisa mengingatkan warga dalam sejarah masa lalu bangsa dalam merebut kemerdekaan. Acara disini sangat menarik dan sukses," jelas Prawoto. 

"Ada pesan dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang disampaikan untuk warga Kota Solo. Mas Gibran nitip pesan melalui momentum HUT RI 78, untuk mengajak warga Solo menjaga keharmonisan dan menjaga keamanan dalam penyelenggaraan malam tirakatan di seluruh kampung-kampung," bebernya. 

Pantauan wartawan, warga Ngadisono Rt 02/02, Kelurahan Joglo, Kecamatan Banjarsari pun terlihat menikmati acara demi acara hingga selesai. Acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Ngadisono juga akan dilanjutkan jalan sehat dan senam di keesokan harinya.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut