get app
inews
Aa Read Next : Terduga Pemeran Video Mesum Live Show Ditangkap Tim Peringkus Dadang Buaya 

Dadang Buaya Akhirnya Menyerah, Kapolres Garut: Terima Kasih Kamu Berani

Kamis, 27 April 2023 | 21:55 WIB
header img
Preman Garut Dadang Buaya akhirnya menyerahkan diri setelah diultimatum Polisi (Foto: Fani Ferdiansyah)

GARUT,iNewskaranganyar.id - Dadang Sumarna alias Dadang Buaya akhirnya menyerahkan diri ke polisi. Tak hanya menyerah, Preman yang membacok dua orang di Pameungpeuk ini pun mengajak preman Garut untuk bertobat.

Keputusan Dadang menyerah ini dilakukannya sebagai rasa penyesalan dirinya karena telah membacok warga tak berdosa. Selain itu, keputusannya menyerah untuk memenuhi seruan kepolisian agar dirinya menyerah, Selasa (25/4/2023). 

Dadang Buaya memang terkenal oleh masyarakat di selatan Garut sebagai pria bernyali besar. Jauh sebelum menganiaya dan membacok dua orang hingga terkapar luka berat, Dadang Buaya pernah memimpin belasan teman-temannya menyerang markas tentara dan kantor Polisi di Pameungpeuk pada 2021. 

Selain ingin menganiaya warga karena persoalan sepele, saat itu Dadang Buaya sampai mengajak aparat melakukan duel. Berbagai perbuatan Dadang Buaya yang nekat dan meresahkan lainnya praktis membuat nyali sebagian orang di selatan Garut langsung ciut begitu mendengar namanya. 

Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro pun sampai mengapresiasi Dadang Buaya yang menyerahkan diri. Orang nomor satu di kepolisian Garut itu bahkan mengultimatum agar Dadang Buaya menyerah, jika ingin dihargai sebagai manusia. 

"Terima kasih kamu mau berani mempertanggungjawabkan. Namun tetap kami akan proses secara hukum," kata AKBP Rio Wahyu Anggoro yang disambut anggukan Dadang Buaya.

Seruan Polisi yang dilayangkan kepada Dadang Buaya bukan kaleng-kaleng. Kapolres Garut sampai menurunkan perintah agar tim buru sergap spesialis penangkap penjahat top, Tim Sancang Polres Garut, untuk menggaruk Dadang Buaya jika ia tak kooperatif.

Instruksi langsung pun disampaikan kepada Kasat Reskrim Polres Garut AKP Deni Nurcahyadi dan pimpinan kepolisian setempat. 

"Jika perlu, saya yang akan memimpin penangkapan," imbuh AKBP Rio Wahyu Anggoro.

Ia melanjutkan, informasi mengenai Dadang Buaya kembali bertingkah didapatnya beberapa jam setelah preman daerah selatan itu membacok dua orang di Jalan Miramareu, Kampung Cigodeg, Desa Paas, Kecamatan Pameungpeuk, sekira pukul 02.00 WIB.

"Dapat info pagi-pagi, lalu saya perintahkan anggota untuk menyampaikan pesan kepada yang bersangkutan agar menyerahkan diri pukul 10.00 WIB. Pada pukul 14.00 WIB didapat laporan bahwa Dadang Buaya siap bertanggung jawab, lalu sekitar pukul 16.00 atau 17.00 WIB menyerahkan diri kemudian diamankan," katanya. 

Sebagai residivis yang baru beberapa bulan keluar penjara, Dadang Buaya sempat diingatkan untuk tidak berbuat macam-macam. Peringatan tersebut diberikan sebelum perayaan Idul Fitri 1444 H. 

"Saya sudah ingatkan sebelum lebaran kepada Dadang Buaya melalui anggota, termasuk seluruh residivis yang keluar penjara, jangan membuat masalah, jangan mengulangi perbuatan melanggar hukum," ujarnya. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut