get app
inews
Aa Read Next : Kisah Mistik Dibalik Keindahaan Gunung Tilu, Benarkah Kerap Jadi Lokasi Pesugihan? 

Telaga Biru Kuningan, Saksi Sejarah Penyebaran Islam di Tanah Pasundan

Minggu, 12 Februari 2023 | 12:55 WIB
header img
Telaga Biru Kuningan, Saksi Sejarah Penyebaran Islam di Tanah Pasundan (Foto: Tangkapan Layar Instagram @inimamacar)

KUNINGAN,iNewskaranganyar.id - Telaga Biru Cicerem terletak di Desa Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 315 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Telaga Biru Cicerem sungguh memukau siapa saja yang melihatnya. Danau kecil yang airnya jernih sebening kaca dengan ikan-ikan seperti dalam aquarium serta tumbuhan hijau yang mengililingi telaga, jadi pemandangan yang sempurna untuk dinikmati.

Telaga Biru Cicerem memiliki kisah sejarah yang cukup unik. Menurut cerita, dahulunya danau ini merupakan sebuah mata air yang kecil dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan para ulama untuk menyebarkan Islam di tanah pasundan terutama di daerah Kuningan.

Pemuka agama sekaligus sesepuh desa setempat berinisiatif dengan menjadikan lokasi tersebut diperluas, sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat dari berbagai luar daerah.

Telaga Biru jadi salah satu lokasi wisata favorit milenial yang hobi menjelajahi alam. Selain untuk menikmati panorama Telaga Biru Cicerem, mereka juga datang untuk berswafoto di tempat ini.

Telaga Biru Cicerem merupakan sebuah danau sedalam 5 meter yang dibuat secara alami, memiliki air yang sangat jernih. Sehingga kejernihannya membuat ikan-ikan serta jejeran batu di dasar danau bisa terlihat dari permukaan.

Suasana alam di wisata ini masih dipenuhi pohon-pohon yang rindang dan belum satupun tersentuh pembagunan. Maka, pengunjung dibuat betah untuk berlama-lama di lokasi yang sejuk dan asri ini.

Selain untuk sekedar melepas lelah, para pengunjung juga dimanjakan dengan kegiatan seru lainnya, seperti berperahu santai, memberi makan ikan berwarna-warni di danau biru tersebut hingga adanya ayunan yang terdapat di atas kolam ikan menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Di lokasi ini terdapat susunan berbagai warna bunga yang membentuk pola hati setinggi 1,5 meter sebagai lokasi selfie yang siap menghipnotis kamu dengan keindahan tempat kece ini.

"Telaga Biru Cicerem pengunjung ramai, tempatnya juga indah, cocok untuk berlibur bersama keluarga", dikutip dari channel YouTube Jejak Wisata.

Nah, penasaran dengan pesona Telaga Biru Cicerem, kan? kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp5.000 saja sebagai tiket masuk wisata dengan pemandangan yang menakjubkan ini.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut