get app
inews
Aa Read Next : Matahari Tak Bersinar, Apa yang akan Terjadi dengan Bumi?

Palung Mariana, Dunia Tersembunyi di Lubang Terdalam

Sabtu, 11 Februari 2023 | 14:07 WIB
header img
Palung Mariana salah satu tempat paling dalam di muka Bumi (Foto: Tangkapan Layar YouTube)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Pernahkah kalian membayangkan tempat terdalam di muka Bumi ini. Dan dimanakah tempat paling dalam di muka Bumi ini. Tentu pertanyaan seperti itu pernah terlintas dibenak Tapi tahukan dimana tempat terdalam dimuka Bumi ini. 

Jawabannya adalah di bawah permukaan Samudra Pasifik di sebelah tenggara Jepang. Di sana, Anda akan menemukan palung yang sangat dalam dan berbentuk seperti bulan sabit.

Tempat ini disebut "Palung Mariana." Di dekat ujung selatan ada area berbentuk celah kecil. Ini adalah titik terdalam di Bumi atau yang dinamakan Challenge Deep.

Dasar dari Challenger Deep berada sekitar 36.000 kaki di bawah permukaan laut. Ini menjadikannya tempat terdalam yang diketahui di Bumi. Bayangkan jika Gunung Everest diletakkan di Challenger Deep. Masih ada lebih dari air dengan kedalaman 1,6 km di atas puncaknya!

Challenger Deep dinamai sesuai dengan nama kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris yang bernama HMS Challenger. Kapal ini adalah kapal pertama yang mengukur kedalaman tempat yang sekarang dikenal sebagai Challenger Deep.

Palung tersebut diukur dengan cara "sounding". Metode ini caranya adalah menjatuhkan tali yang sangat panjang dengan pemberat di ujungnya ke dalam perairan. Saat ini, para ilmuwan dan peneliti menggunakan sonar untuk mempelajari kedalaman laut.

Hanya empat kali penyelaman ke Challenger Deep yang pernah dilakukan. Yang pertama dilakukan pada tahun 1960 oleh sejenis kapal selam bernama Trieste. Trieste adalah jenis kapal khusus yang disebut "bathyscaphe", yang diciptakan oleh Jacques dan Auguste Piccard. Nama "bathyscaphe" diambil dari bahasa Yunani yang berarti "dalam" dan "kapal".

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut