get app
inews
Aa Read Next : Pawai Karnaval Karanganyar Berlangsung Meriah, Aneka Ide Tema 17 Agustus 2024 yang Unik dan Menarik

Mengenal PO Safari Dharma Raya, Otobus Berdiri Lima Tahun Setelah Kemerdekaan Indonesia

Rabu, 18 Januari 2023 | 23:31 WIB
header img
Siapa Pemilik PO Bus PO Safari Dharma Raya- OBL? (Foto:Tagkapan Layar Instagra, @mfem_2328)

TEMANGGUNG, iNewskaranganyar.id - PO Safari Dharma Raya salah satu bus yang berdiri lima tahun setelah Republik Indonesia di Proklamasikan atau tepatnya pada tahun 1950 an. Otobus ini bermarkas di Temanggung, Jawa Tengah. Oei Bie Lay orang pertama sekaligus pemilik dari bus ini.

Hingga sekarang, di semua body bus selalu dicantumkan nama Oei Bie Lay yang disingkat OBL. Berdirinya PO Bus ini tak terlepas karena kejelian dari pendirinya Oei Bie Lay.

Sekitar tahun 1951, Oei Bie Lay atau dikenal juga Darmoyuwono menganalisis permasalahan masyarakat Temanggung. Ia melihat masyarakat wilayah tersebut kesulitan membawa hasil panennya.

Oei Bie Lay memanfaatkan kesempatan itu dengan membuka jasa layanan transportasi. Dirinya memanfaatkan dua mobil bus rakitan cadangan berjenis Ford. Mobil bus tersebut dimodifikasi sesuai dengan mobil angkutan pada umumnya.

Perusahaan otobus (PO) milik Oei Bie Lay berdiri dengan nama Perusahaan Truk Hien. Seiring meningkatnya kebutuhan transportasi, pemilik PO Bus PO Safari Dharma Raya ini menambah armadanya.

Oei Bie Lay mendatangkan beberapa bus bermesin Fargo pada tahun 1971. Rute baru kembali dibuka. Kali ini perusahaan otobusnya membuka layanan perjalanan malam dengan rute Temanggung – Magelang – Jogja – Solo – Madiun – Surabaya hingga Malang.

Masuk ke tahun 1973 rute baru dengan unit Dodge K700 dan Mercedes Benz LP911. Oei Bie Lay kembali membuka jalur baru dengan rute Jogja – Magelang – Temanggung – Semarang – Jakarta.

Kemudian Oei Bie Lay merubah nama perusahaan otobusnya menjadi Safari Dharma Raya dengan unit Mercedes Benz OF 1113. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut