get app
inews
Aa Read Next : Kemeriahan Pernikahan Cucu Pakubuwono XII, Angkat Budaya Jawa

Bangunan Keraton Terbengkalai Bertahun-Tahun, LDA Siapkan Grand Desain Revitalisasi

Jum'at, 23 Desember 2022 | 18:22 WIB
header img
Putri Raja PB XII GKR Wandansari atau Gusti Moeng menunjukan kondisi Keraton Surakarta yang terbengkalai (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNewskaranganyar.id - Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Surakarta, GKR Wandansari yang biasa disapa Gusti Moeng tegaskan kondisi Kraton semakin memprihatinkan,

Banyak bangunan di dalam Kraton yang urgen untuk dibenahi dan pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Beberapa bangunan yang harus direvitalisasi diantaranya Dalem Sasana Mulya, Panggung Sanggabuwana, Keputren, Tursinopuri dan bangunan lain yang ada di dalam komplek Kraton Solo. 

Bahkan rencana revitalisasi Keraton Surakarta, dari Kemen-PUPR bahkan telah terjun untuk mengecek langsung kondisi Keraton Surakarta beberapa waktu lalu. Namun hingga kini belum ada tindak lanjut. 

Belum lama ini, Gusti Moeng mengajak sejumlah awak media untuk masuk kedalam lingkungan Kraton untuk melihat langsung kondisinya. 

Menurut Gusti Moeng, LDA sudah sejak belasan tahun lalu sudah memiliki grand design penataan Keraton Surakarta terutama di bagian dalam kompleks keraton. 

"Grand desain itu bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta sekitar tahun 1994," papar Gusti Moeng.

Grand design penataan kompleks keraton tersebut meliputi lahan seluas 3,5 hektar dan tidak akan menyentuh bangunan inti Kraton termasuk gedung Pusaka. 

"Grand design-nya dari Universitas Gadjah Mada (UGM) sekitar tahun 1994 dan masih cukup relevan untuk diterapkan saat ini. Bahkan pada renovasi terakhir yang dilakukan 2017 lalu juga menggunakan grand design ini," paparnya. 

Nantinya bangunan yang direnovasi akan dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan seperti pelatihan ngadisalira ngadibusana, dan banyak hal lain. 

"Grand desain ini dibuat untuk penataan kraton Solo. Jadi tinggal dibuka dan dilihat lokasi mana saja yang akan diperbaiki. Jadi setelah dibangun kembali bisa dimanfaatkan dengan baik, tidak mangkrak lagi," pungkas putri PB XII ini.***

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut