get app
inews
Aa Read Next : Membongkar Rahasia Agar Bisa Menang Lomba Panjat Pinang, Berani Coba?

Trik dan Tips Menentukan Waktu yang Tepat Memulai Usaha

Rabu, 02 November 2022 | 11:22 WIB
header img
Trik dan cara memulai bisnis (Foto: DOK.iNews.id)

JAKARTA, iNewskaranganyar.id - Ada banyak faktor yang harus dipikirkan secara matang sebelum memulai usaha selain mentalitas, seperti modal, jenis usaha, lokasi, target usaha, dan tenaga kerja.

Ketika ingin memulai bisnis dari 0, calon pengusaha harus tahu apa saja yang harus dipersiapkan agar pondasi usahanya bisa kuat dan bertahan dalam jangka yang panjang. Karena percuma saja jika usaha hanya bertahan sebentar, pengusaha akan merugi tidak hanya secara finansial, tapi juga waktu dan tenaga.

Dilansir dari buku 25 Usaha Terlaris Modal 1-3 Jutaan karya Sherly, berikut langkah-langkah untuk mempersiapkan usaha dan menentukan waktu yang tepat untuk membuka usaha.

1. Mulai dari memikirkan ide dan cita-cita berbisnis

Modal utama untuk melakukan sesuatu berdasar dari cita-cita. Dengan cita-cita, segalanya mungkin terjadi asalkan kita mau berusaha mewujudkannya. Maka dari itu, berpikirlah untuk jangka panjang, apa yang akan dilakukan dan apa yang akan dicapai di tahun-tahun mendatang, agar cita-cita tidak hanya menjadi mimpi semata tapi bisa terealisasikan.

2. Rancang rencana bisnis

Setelah ide dan cita-cita terbayang, lalu perhatikan rencana bisnisnya. Rencana bisnis merupakan suatu dokumen formal yang menggambarkan jenis usaha, mitra, strategi menghasilkan pendapatan, dan lebih dari itu, merupakan gambaran detail cara pengembangan usaha atau minimal langkah-langkah yang diambil supaya bisnis tetap bertahan.

Langkah ini penting sekali bagi pengusaha untuk memastikan ide bisnisnya bisa menghasilkan keuntungan. Cobalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut untuk menentukan rencana bisnis usaha:

- Produk apa yang akan ditawarkan?

- Siapa saja pelanggannya?

- Di manakah pelanggan berada?

- Berapa harga produk?

- Bagaimana kemasan dan ukuran produk yang akan dijual?

- Siapa saja pesaing usaha ini?

- Apakah kelebihan produk barang atau jasa ini dibandingkan dengan produk lainnya?

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut