get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Perbedaan Jin, Setan, dan Iblis Menurut Alquran

Apa Itu Khodam? Berikut Penjelasannya Secara Gamblang

Senin, 10 Oktober 2022 | 19:12 WIB
header img
Apa itu khodam dan bagaimana bentuknya, begini penjelasannya (foto: ilustrasi/Pixebay)

KARANGANYAR, iNewskaranganyar.id - Istilah Khodam tentu saja sudah sering terdengar. Namun mayoritas tidak tahu khodam itu apa? Bentuknya seperti apa dan ada dimana khodam tersebut

Secara umum khodam merupakan jin yang mendampingi diri manusia, sejak manusia itu lahir dalam kandungan. Khodam bisa memberikan petunjuk untuk manusia atas izin dari Allah SWT. 

Terdapat dua warna khodam yang menempel pada manusia, yaitu warna hitam sebagai pertanda kejahatan dan warna putih sebagai kebaikan.

Berbagai macam ciri-ciri orang yang memiliki khodam pendamping dapat dirasakan oleh siapapun, termasuk orang yang awam tentang ilmu kebatinan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan tentang Khodam: 

Apa Itu Khodam

Secara harfiah, khodam adalah jin pendamping manusia. Jin Khodam masuk ke dalam kategori jin yang baik. Secara umum, Khodam pendamping dimaknai sebagai makhluk halus yang berasal dari benda-benda pusaka, ilmu kebatinan ataupun sengaja dipanggil untuk keperluan tertentu.

Selain itu, khodam juga disebutkan sebagai nenek moyang atau generasi pendahulu kita yang sudah meninggal lalu "dipanggil" ke dunia untuk menjaga anak, cucu, dan keluarga keturunannya. Menurut mitos, banyak yang percaya bahwa manusia dapat menurunkan khodam-nya ke anak atau orang lain yang ditunjuknya.

Ciri-ciri Memiliki Khodam

1. Mempunyai Ilmu Spiritual Tinggi

Seseorang harus rajin beribadah, berdoa, berzikir, puasa dan amalan lainnya untuk memiliki ilmu spiritual yang tinggi

2. Tubuh Akan Bereaksi Terhadap Sesama Pemilik Khodam

Tubuh seorang pemilik khodam akan menunjukkan reaksi tidak biasa jika bertemu orang lain yang juga memiliki khodam.

3. Lebih Tegas dan Bijaksana

Sebagian orang yang memiliki khodam juga biasanya selalu bertutur kata secara tegas dan penuh kebijaksanaan. Jika pemilik khodam memberi perintah, orang lain akan lebih mudah menurutinya.

4. Lebih Disegani Orang Sekitar

Seseorang yang tidak memiliki jabatan atau kedudukan tetapi sangat disegani oleh masyarakat sekitar, kemungkinan mereka adalah pemilik khodam.

5. Memiliki Tatapan Mata Tajam

Jenis Jenis Khodam

1. Khodam Pendamping

Khodam yang secara alamiah diciptakan oleh Tuhan untuk mendampingi manusia. Khodam ini sudah ada sejak manusia lahir hingga manusia tersebut meninggal dunia. Kebanyakan manusia yang memiliki khodam pendamping tidak menyadari bahwa ia memiliki khodam.

Khodam pendamping disebut-sebut sebagai khodam yang paling kuat dan sakti. Untuk mengasah atau meningkatkan daya khodam ini, orang yang memilikinya harus berpuasa di setiap hari kelahiran.

2. Khodam Leluhur

Khodam leluhur merupakan jenis khodam warisan atau turunan dari para leluhur. Jika leluhur kita merupakan seorang ahli tarekat, maka ia pasti memiliki khodam yang luar biasa. Lalu ketika leluhur meninggal dunia, maka khodam tersebut biasanya akan diwariskan ke anak cucunya.

3. Khodam Keilmuan

Khodam keilmuan biasanya diperoleh melalui cara tertentu, dengan melakukan puasa serta banyak berdzikir. Oleh karena itu, jika kita rutin berdzikir dan melaksanakan puasa, maka secara otomatis bisa memiliki khodam pembantu dengan sendirinya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut