get app
inews
Aa Read Next : Hadapi Musim Hujan di Tangsel, Benyamin Davnie Intruksikan Anak Buahnya untuk Siap Siaga

Terungkap! Saluran Air di Proyek MRT Ternyata Peninggalan Abad 18

Rabu, 21 September 2022 | 08:32 WIB
header img
Saluran air dibawah proyek MRT peninggalan belanda abad 18 (Foto: iNews.id)

KARANGANYAR, iNews.id - Saluran air kuno di lokasi Proyek MRT CP203 Glodok-Kota yang ditemukan itu ternyata peninggalan dari abad ke 18. Saluran air kuno itu berbahan terakota (tembikar) dan memiliki 400 meter. 

"Ini adalah salah satu yang krusial, kita menemukan satu struktur sepanjang 400 meter dan itu dari abad 18 yang tidak ditemukan di tempat mana pun juga di kota lain di Indonesia," ujar arkeolog senior Prof Junus Satrio Atmodjo, di lokasi proyek MRT, Glodok, Jakarta Barat, Selasa (20/9/2022).

Junus menyebut pihak MRT memberikan keleluasaan kepadanya untuk menghimpun data sebanyak mungkin. Dia juga melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Benda bersejarah atau artefak itu akan diserahkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) yang memiliki kewenangan.

"Kalau artefak kita serahkan semua kepada DKI, ownernya DKI (Disbud) bukan MRT, itu kan projectnya MRT juga bagian dari DKI. Jadi kita harus kepada institusi yang berwenang, siapa itu, Dinas Kebudayaan," ujar Junus. 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut