get app
inews
Aa Read Next : Perjalanan Persika di Liga 3 Terhenti,Prihanto Minta Maaf pada Masyarakat Karanganyar

Sejarah Perjalanan Panjang Persika Karanganyar Dari Masa ke Masa

Sabtu, 17 September 2022 | 18:09 WIB
header img
Sejarah panjang lahirnya Persika Karanganyar dikancah sepakbola Indonesia (Foto: Tangkapan Layar instagram @persikakra)

KARANGANYAR,iNews.id - Persika Karanganyar memiliki sejarah panjang sejak awal berdiri hingga saat ini. Klub yang pernah jadi penghuni Liga 2 ini ternyata cikal bakalnya berawal dari sekelompok pemuda yang gemar bermain sepakbola didekat makam pahlawan.

Persika Karanganyar lahir saat Republik Indonesia baru berusia 20 tahun atau tepatnya di tahun 1965. Sebelum lahir nama Persika, terlebih dahulu lahir klub sepak bola Persatuan Makam (PSM). PSM inilah cikal bakal terbentuknya klub Persatuan Sebakbola Karanganyar (Persika).

Meskipun tak ada tanggal pasti kapan embrio klub sepak bola Persatuan Makam (PSM) terbentuk. Sehingga untuk mengetahui siapa Bupati Karanganyar yang ikut menginisiasi terbentuknya PSM saat itu pun sulit diketahui.

Namun bila menilik dari tahun terbentuknya PSM, ada dua nama yang saat itu memimpin Kabupaten Karanganyar. Kedua pemimpin itu adalah Daisman yang memimpin mulai Februari 1965 hingga Agustus 1965 atau Drs Harun Al Rasyid memimpin mulai September 1965 hingga Oktober 1965.

Salah satu mantan pemain Persika Karanganyar era 1980, Tugimin GP alias Gepeng mengatakan PSM sebagai cikal bakal lahirnya Persika itu hanyalah sekumpulan pemuda yang gemar berolahraga sepakbola.

Saat itu tanah lapang yang sangat cocok untuk bermain bola hanya berada didekat makam pahlawan, maka para pemuda ini setiap harinya bermain bola didekat makam pahlawan tersebut.

Setiap sore para pemuda ini bermain bola. Meskipun saat itu situasi politik di Indonesia belum seaman saat ini, namun semangat mereka bermain bola sangat tinggi. Hingga akhirnya mereka pun sepakat membuat perkumpulan sepak bola itu dengan nama PSM. 

"Nama awal itu PSM, Persatuan Sepakbola Makam (PSM). Dikasih nama PSM, karena mainnya saat itu didekat makam pahlawan,"papar Gepeng, mengawali ceritanya saat ditemui iNewskaranganyar.id, belum lama ini.

Usia PSM tak begitu lama. Karena hanya sebatas perkumpulan sepakbola biasa, akhirnya PSM ini vakum. Akhirnya, diera Kepemimpinan Bupati Karanganyar AKBP R Soekardjono diera tahun 1965 hingga 1968, nama PSM berganti nama menjadi Persika Karanganyar.

"Tepatnya pada 20 Nopember 1967, PSM berganti nama menjadi Persika Karanganyar. Dan tanggal di tahun itu juga, Persika resmi dikukuhkan," terangnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut