get app
inews
Aa Read Next : Mitos Kucing Hitam di Berbagai Belahan Negara, Seperti Apa?

Ini Negara di Amerika Selatan Terkurung Daratan Tetapi Tetap Miliki Angkatan Laut

Sabtu, 06 Agustus 2022 | 10:49 WIB
header img
Negara di daratan Amerika Selatan ini terkurung daratan dan tidak memiliki lautan. Meski tak punya lautan, namun negara ini tetap miliki Angkatan Laut (Foto:ilustrasi/Pixebay/iNewskaranganyar.id)

KARANGANYAR,iNews.id - Jika biasanya sebuah negara dibatasi oleh daratan dan lautan yang menjadi batas geografisnya, lain halnya dengan negara di Amerika Selatan

Ada 12 Negara yang berada di Amerika Selatan. Dari 12 negara itu hanya dua negara yang tak memiliki lautan. Seluruh wilayahnya terkepung daratan hingga disebut sebagai landlocked country.

Apa saja negara di Amerika Selatan yang tak memiliki lautan? iNewskaranganyar.id merangkum negara di Amerika Selatan yang tak memiliki lautan sebagai berikut ini. Yuk, simak!

1. Bolivia

Bolivia salah satu negara di Amerika Selatan yang tidak memiliki lautan. Negara ini wilayahnya terkurung daratan. Negara yang memiliki rata-rata tinggi manusia
terpendek ini terletak di Amerika Selatan.

Seluruh daratan Bolivia berbatasan langsung dengan Paraguay, Brazil, Argentina, Peru, serta Chili. Letak geografis Bolivia berbatasan negara yang terkenal dengan tarian sambannya, Brazil di Utara dan timur. Di bagian Tenggara, Bolivia berbatasan langsung dengan Paraguay di tenggara. Dan di bagian Selatan berbetasan langsung dengan Argentina. Sedangkan di barat laut dan barat daya berbatasan langsung dengan Peru dan Chile.

Awalnya, seluruh wilayah Bolivia tidak terkurung oleh daratan. Negara memiliki garis pantai di sepanjang Samudera Pasifik dulunya. Namun, kala Perang Pasifik 1879-1883 garis pantai yang dimiliki oleh Bolivia hilang diambil Chile.

Uniknya, meski negara Bolivia tak memiliki lautan, selain selalu memperingati hilangnya garis laut atau The Day of the Sea setiap tanggal 23 Maret, Bolivia memiliki Angkatan Laut. Untuk latihan, Danau Titicaca sebagai tempat latihan Angkatan Laut Bolivia. 

Keunikan lainnya dari Bolivia yaitu adannya sebuah perjanjian dengan pihak Chili. Dimana antara Bolivia dan Chile terdapat perjanjian Damai dan Persahabatan dengan Chile, sehingga dibuatkan rel kereta api agar orang Bolivia bisa menuju ke laut dengan mudah.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut