get app
inews
Aa Read Next : Adeging Mangkunegaran 267 Merawat Kebudayaan Jawa

Malam 1 Suro, Puro Mangkunegaran Kirab 4 Pusaka Keliling Tembok Keraton

Sabtu, 30 Juli 2022 | 01:28 WIB
header img
Pura Mangkunegaran menggelar kirab pusaka malam 1 Suro yang diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO, iNews.id - Puro Mangkunegaran menggelar kirab pusaka malam 1 Suro setelah dua tahun tradisi peringatan turun temurun ini ditiadakan, Jumat (29/7/2022) malam.

Seperti tahun-tahun sebelum kirab ditiadakan karena pandemi, pada malam pergantian tahun baru 1444 Hijiriah kali inipun, Puro Mangkunegaran menggelar ritual topo bisu dengan mengelilingi tembok Pura Mangkunegaran.

Pantauan iNewskaranganyar.id, tradisi keliling topo bisu ini pun diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabumig Raka, dan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima.

Prosesi diawali dengan keluarnya Kanjeng Gusti Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro (MN) X Bhre Cakrahutama dari dalam Pura Mangkunegaran.

Penerus tahta Mangkunegaran ini keluar dan duduk di singgasana kebesaran yang berada di Ngarsodalem. 

Kemudian setelah MN X keluar istana, pusaka sakti milik Pura Mangkunegaran yang terdiri dari 3 tombak dan 1 joli dikeluarkan dari tempatnya.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut