get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 5 Tempat Wisata Sejarah di Kota Solo: Cek Nomor 2 Tengah Direnovasi

Jelang 1 Suro Kerbau Pusaka Keraton Solo Mati, Tujuh Kebo Positif PMK Jalani Isolasi Terpisah

Jum'at, 22 Juli 2022 | 15:10 WIB
header img
Kebu bule pusaka milik Keraton Kasuanan Surakarta Mati terindikasi terpapar PMK (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO,iNews.id- Jelang kirab malam satu Suro, satu ekor kerbau bule keturunan Kyai Slamet, pusaka milik Keraton Kasunanan Surakarta mati. Matinya kerbau kesayangan Pakubuwono ini diindikasikan positif terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Kamis 21 Juli 2022 kemarin.

Matinya satu kerbau kesayangan Pakubuwono yang diduga terindikasi virus PMK langsung direspon cepat oleh pihak Keraton Kasunanan Surakarta. Dengan menginsolasi tujuh ekor lainnya untuk menjalani pengobatan.

Wakil Pengageng Sasana Wilopo Keraton Kasunanan Surakarta, KRA Dani Nuradiningrat sampaikan ada 7 ekor positif PMK dan sudah dipisahkan. Termasuk melakukan tindakan pengobatan dan diberikan vaksinasi oleh dinas peternakan dari Pemkot Solo.

"Hasil pemeriksaan kemarin oleh dokter hewan diperkirakan penularan lewat manusia. Jadi manusia tidak tertular PMK, tapi sebagai pembawa (perantara)," jelasnya Jumat (22/7/2022) siang.

Selain memisahkan kerbau yang sakit, kandang juga rutin disemprot desinfektan. Dinas juga memberikan vaksinasi. Dan untuk sementara masyarakat umum dilarang mendekat untuk memberi makan.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut