get app
inews
Aa Read Next : 4 Anak Presiden Indonesia yang Sukses Membangun Kerajaan Bisnis

Gurita Bisnis Keluarga Cendana! 7 Kerajaan Bisnis yang Jarang Orang Tahu

Selasa, 19 Juli 2022 | 20:00 WIB
header img
Kerajaan Bosnis yang jarang diketahui (Foto: IDXChannel)

KARANGANYAR,iNews.id - Keluarga Cendana merupakan sebutan untuk keluarga Presiden Soeharto yang memimpin Indonesia selama 32 tahun. 

Sudah menjadi rahasia umum, bila keluarga mantan orang nomer satu di Republik ini memiliki Kerajaan bisnis. Namun, masih banyak orang yang tidak tahu apa saja ladang bisnis yang dimiliki Keluarga Cendana.

Lantas, apa saja kerajaan bisnis keluarga Cendana yang total kekayaannya disebut-sebut mencapai triliunan rupiah? Berikut ini merupakan 7 kerajaan bisnis keluarga Cendana:

1. Properti dan Perkebunan

Hutomo Mandala Putra atau lebih akrab disebut Tommy Soeharto merupakan anak ke-5 dari Presiden Soeharto dan Siti Hartinah atau dikenal dengan Ibu Tien. Tommy mempunyai perkebunan cengkeh, serta kekayaan yang berasal dari bidang properti, melalui Humpuss Group yang memiliki beberapa hotel.

Tidak hanya Tommy, putra ke-3 Soeharto Bambang Trihatmodjo juga memiliki PT Asriland yang bergerak di bidang properti, perdagangan, konstruksi, televisi swasta, perhotelan, transportasi dan perkebunan, menurut Globe Asia

2. Media

Siti Hardijanti Hastuti Indra Rukmana atau yang akrab disapa Mbak Tutut merupakan putri ke-2 dari Presiden Soeharto. Tutut memegang usaha di bidang perbankan, perkebunan, penggilingan tepung terigu, infrastruktur, energi listrik, kehutanan, serta telekomunikasi.

Sebelumnya, Tutut memegang saham  PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia, melalui stasiun televisi TPI yang kini dialihkan kepada Hary Tanoesoedibjo dengan nama MNC TV. Selain itu, Tutut juga menerbitkan Tabloid Wanita Indonesia yang terbit pertama kali pada 1989.

3. Konstruksi

Tak hanya media, Tutut juga mempunyai kuasa atas PT Citra Lamtoro Gung Persada dalam menggarap pembangunan dan pengelolaan jalan tol, pertanian, konstruksi, perdagangan, hingga kerajinan tangan.

4. Taman Wisata 

Bagi Anda yang hobi travelling, pasti sudah tak asing lagi dengan Taman Wisata Mekarsari. Taman Wisata Mekarsari merupakan pusat konservasi keanekaragaman hayati dari buah-buahan tropis, dari seluruh wilayah di Indonesia dan belahan dunia lainnya. Ternyata, taman tersebut adalah milik putri bungsu Soeharto, Siti Hutami Endang Adiningsih alias Mamiek Soeharto. Selain itu, Mamiek pun memiliki usaha di bidang perkebunan, transportasi, dan pergudangan.

5. Supermarket

Selain memiliki bisnis di bidang properti dan perkebunan, Tommy Soeharto yang dikenal sebagai putra Soeharto yang paling kaya raya ini membuka supermarket grosir di Cibubur bernama GORO melalui naungan PT Berkarya Makmur Sejahtera. Tommy pun menjabat sebagai Komisaris Utama di perusahaan.

6. Resort mewah

Tommy Soeharto dikenal sebagai pemilik resort mewah bernama PT Lor Internasional Hotel. Perusahaan ini sudah memiliki empat lokasi penginapan yang berlokasi di Kuta, Sentul dan dua tempat di Kota Solo. Tarif kamarnya sendiri beragam yang dimulai dari Rp400 ribuan per malam. Adapun bisnis Tommy lainnya bergerak di bidang transportasi.

7. Kilang minyak dan energi

Tommy Soeharto diketahui memiliki perusahaan bernama PT Humpuss yang memiliki anak perusahaan di berbagai bidang seperti PT Humpuss Wajo Energi, PT Humpuss Patragas, PT Humpuss Karbometil Selulosa, PT Usaha Gemilang Utama, PT Humpus Pengolahan Minyak PT Humpuss Aromatic, PT Gatari Air Service, dan PT Humpuss Intermoda Transportasi.

Itu dia 7 kerajaan bisnis keluarga Cendana yang tak banyak diketahui orang lain. Kerajaan bisnis keluarga Cendana mana yang paling menarik bagi Anda? 

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut