get app
inews
Aa Read Next : Pemudik Padati Stasiun Malang, Sebanyak 8.952 Penumpang Diberangkatkan di H-6 Lebaran 

Mengintip Gaji Masinis 2022 Berserta Tunjangannya

Selasa, 19 Juli 2022 | 14:33 WIB
header img
Mengintip Gaji Masinis kereta api (Foto: Instagram)

Rincian Gaji Masinis 2022 dan Tunjangannya 

Menurut beberapa sumber, besaran gaji Rp12 juta tersebut mencakup gaji pokok dan tunjangan yang diterima seorang masinis. Gaji ini juga bergantung pada jenjang pendidikan dan tunjangan yang didapatkan.

Posisi masinis PT KAI sendiri terbuka bagi lulusan SMA hingga diploma. Adapun gaji pokoknya sebesar Rp8-10 juta per bulan. Tak hanya gaji pokok tersebut, masinis juga akan mendapatkan tunjangan istri dan anak sebesar 10% dari total gaji pokok per individu, maksimal 3 anak. 

Masinis juga mendapatkan tunjangan jabatan sebesar Rp200-600 ribu. Khusus untuk tunjangan jabatan ini bergantung pada jenjang pendidikan dan masa kerja. Selain itu, ada juga tunjangan perjalanan dinas sebesar Rp375 ribu. 

Seorang masinis juga harus menghadapi risiko kerja yang tinggi karena menyangkut keselamatan manusia. Oleh karena itu, masinis juga akan mendapatkan tunjangan risiko khusus yang diperkirakan sebesar Rp1 juta setiap bulan. 

Sementara itu, tunjangan lain yang didapatkan masinis antara lain tunjangan jabatan struktural, uang premi awak KAI tergantung jabatan, tunjangan rumah, transportasi, kebugaran, penampilan, dan rekreasi. Sederet tunjangan yang ditawarkan inilah yang membuat profesi yang satu ini menjadi incaran banyak orang. 

Syarat Menjadi Masinis PT KAI

Persyaratan untuk menjadi masinis PT KAI tidak begitu sulit. Bahkan, untuk jenjang pendidikan yang dipersyaratkan pun tidak begitu tinggi. Tak heran jika profesi ini banyak diminati. Dilansir dari laman resmi KAI, syarat menjadi masinis PT KAI antara lain sebagai berikut. 

1.Warga negara Indonesia (WNI).

2. Untuk pendidikan tingkat SMA, usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun.

3. Untuk pendidikan tingkat Diploma, usia minimal 20 tahun dan maksimal 30 tahun.

4. Laki-laki yang dinyatakan sehat jasmani dan rohani secara medis.

5. Berkelakuan baik.

6. Bebas dari narkoba.

7.Tidak mengenakan tindik.

8.Bersedia ditempatkan di wilayah mana saja di Indonesia.

9.Tidak memiliki hubungan pernikahan dengan karyawan PT KAI. 

Itulah perkiraan gaji masinis 2022 yang berhasil dirangkum iNewskaranganyar yang disadur dari IDXChannel dari berbagai sumber. Gajinya yang besar dan persyaratan pendidikan yang tidak begitu tinggi ini membuat banyak orang sangat meminati profesi ini.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut