get app
inews
Aa Read Next : BPKH: Empat Tahun Terakhir Dana Haji Bertumbuh Rp160 Triliun

Tajir Melintir, Tadinya Tukang Ojek, Haji Isman Berubah Jadi Orang Terkaya di Kalsel

Jum'at, 08 Juli 2022 | 17:35 WIB
header img
Selain dikenal sebagai pengusaha batu bara di Batulicin, Kalsel. Haji Isam juga memiliki bisnis di sektor properti (Foto: IDX Channel)

KARANGANYAR,iNews.id - Kehidupan seseorang tidak ada yang tahu bakalan menjadi apa. Seperti yang dirasakan Andi Syamsuddin Arsyad yang akrab disapa haji Isman.

Siapa sangka saat ini haji Isman yang dulunya hanya tukang ojek, kini berubah 180 deraja menjadi orang kaya raya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sumber kekayaan Haji Isam tidak hanya berasal dari bisnis batu baranya. Lewat sumber kekayaan Haji Isam ini, menjadikan dirinya sebagai orang terkaya dan pengusaha tersukses di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Selain dikenal sebagai pengusaha batu bara di Batulicin, Kalsel. Haji Isam juga memiliki bisnis di sektor properti.

Ia juga diketahui memiliki beberapa perusahaan di Kalsel 

Dalam beberapa sumber, disebutkan bila semua bisnisnya itu dimulai dari nol, sehingga ia mampu menatanya secara perlahan. 

Terlebih sebelum  banyak harta seperti saat ini, Haji Isam pernah menjadi buruh muat, sopir angkutan, tukang tebang, tukang ojek, dan pekerja perkayuan.

Barulah setelah dirinya mencoba batu bara dengan bertemu dengan pengusaha batu bara keturunan Tionghoa-Surabaya, pundi pundi kekayaannya mulai terlihat. 

Adapun perusahaan Haji Isam ini adalah PT Jholin Grup yang memiliki beberapa lini bisnis yaitu PT Jhonlin Baratama, PT. Jhonlin Marine and Shipping, dan PT Jhonlin Air Transport. Lini usaha yang baru diluncurkannya adalah PT Jhonlin Air Transport yang merupakan usaha rental jet pribadi.

Omzet yang didapat Haji Isam dari bisnis batu bara tembus Rp40 miliar per bulan. Hal itu karena dia mampu menjual 400 ribu ton batu bara.

Bahkan tercatat bila aset Haji Isam kini sudah berada di angka Rp1 triliun. Karenanya tidak heran ia memiliki rumah mewah, koleksi mobil dan harta benda lainnya.

Ia juga membangun beberapa fasilitas di Kalimantan Selatan yang salah satunya adalah Marina Permata Hospital. Fasilitas ini merupakan rumah sakit bertaraf internasional yang dibangunnya di Tanah Bumbu pada tahun 2014 ini.

Termasuk pabrik biodiesel milik Haji Isam juga diresmikan Presiden Jokowi.

Itulah sumber kekayaan Haji Isam yang diketahui sebagai pengusaha sukses dari Kalimantan Selatan. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut