get app
inews
Aa Read Next : Mitos Mengerikan Gunung Merbabu, Mulai Macan Merbabu Hingga Kerajaan Gaib di Puncak

Uji Nyali 3 Wisata Mistis Terkenal di Pulau Jawa, Berani Coba?

Minggu, 03 Juli 2022 | 12:08 WIB
header img
Lawang Sewu Semarang salah satu yang diyakini memiliki aura mistis (Foto:tangkapan Layar Instagram @natureall.my)

CILACAP,iNews.id - Tiga tempat wisata sejarah di Indonesia ini begitu menakjubkan. Bagaimana tidak, ketiga tempat wisata ini sangat sayang sekali bila tak dikunjungi. Kebetulan ketiga tempat ini seluruhnya ada di Pulau Jawa.

Meskipun ketiga tempat wisata bersejarah ini menyimpan kisah mistis loh. Bahkan kemistisan di tiga tempat wisata ini sudah cukup dikenal masyarakat.

Dirangkum iNewskaranganyar.id dari MNC Portal, berikut tempat wisata sejarah yang menyimpan kisah mistis:

1. Pulau Nusakambangan

Tempat wisata populer ini terletak di Cilacap, Jawa Tengah. Pulau Nusakambangan terkenal sebagai tempat diasingkannya para narapidana. Terdapat tujuh penjara besar, di antaranya Batu, Karanganyar, dan Pasir putih, yang dijaga superketat oleh aparat.

Kesan mistis sangat kuat menyelimuti Pulau Nusakambangan, karena pulau ini sempat menjadi tempat eksekusi mati para narapidana. Terdapat sejumlah kisah horor, salah satunya suara misterius yang sering didengar warga sekitar.

Ada pula kisah hantu Mbah Sukur, yaitu sosok hantu tanpa kepala yang sering berjalan tak tentu arah mengitari penjara Nusakambangan. Dikisahkan bahwa Mbah Sukur merupakan narapidana yang dulu dieksekusi tembak kemudian dipenggal. Ia kerap muncul di tanggal eksekusinya untuk memperingati hati kematiannya.

2. Goa Jepang Dago Pakar

Goa Jepang menjadi salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan apabila berkunjung ke Taman Hutan Raya Bandung. Selain dapat merasakan udara segar di sekitarnya, Goa Jepang ini terkenal dengan kisah mistisnya.

Kesan mistis memang sangat lekat dengan lokasi wisata sejarah ini. Konon, pengunjung kerap melihat arwah-arwah tentara Jepang, hingga warga yang dulunya disiksa dan dibunuh di dalamnya. 

Ada pula mitos yang melarang menyebutkan kata ‘lada’ apabila berkunjung ke Goa Jepang Bandung. Apabila mengatakannya, maka konon akan terjadi sesuatu seperti kesurupan hingga ditampakkan sosok yang menyeramkan.

3. Lawang Sewu

Warga asli Kota Semarang maupun pelancong dari luar kota tentu mengenal wisata sejarah yang satu ini. Lawang Sewu berarti ‘seribu pintu’, merujuk kepada jumlah pintu di Lawang Sewu yang berjumlah sangat banyak. Namun selain hal tersebut, Lawang Sewu juga terkenal dengan kisah angkernya.

Salah satu ruangan yang disebut angker adalah ruang bawah tanah di Lawang Sewu. Ketika Jepang berkuasa, ruang bawah tanah memang digunakan sebagai penjara bawah tanah sekaligus tempat pembantaian penduduk pribumi maupun tentara Belanda. Konon, pengunjung sering kali mendengar suara-suara misterius dan penampakan makhluk astral di ruangan tersebut.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut