get app
inews
Aa Read Next : Gagal Perang Sarung di Nayu Solo, 1 Pelaku Diamankan

Terpilih Aklamasi, Anas Syahirul Kembali Pimpin PWI Solo

Sabtu, 02 Juli 2022 | 18:52 WIB
header img
Anas Syahirul Alim menerima kembali bendera pataka setelah secara aklamasi kembali terpilih pimpin PWI Solo (Foto:iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

SOLO,iNews.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Solo telah selesai menggelar Konferensi Wartawan Indonesia. Untuk kedua kali, Anas Syahirul Alim secara aklamasi terpilih memimpin PWI untuk lima tahun mendatang.

Anas terpilih secara aklamasi. Pasalnya, dari jumlah 62 peserta undangan, saat penjaringan calon, semuannya merujuk pada satu nama saja.

Keseruan justru terjadi saat memilih siapa yang dicalonkan untuk duduk sebagai calon Ketua Dewan Kehormatan PWI. Para wartawan senior menjagokan nama Budi Santoso sebagai calon Ketua Dewan Kehormatan.

Sedangkan perserta lainnya menjagokan dua nama sebagai Calon Ketua Dewan Kehormatan. Kedua calon yang diusulkan yaitu Bagus Atas Aji dan Anjar Hari Wartono.

Pimpinan sidang terpaksa menganulir Budi Santoso. Pasalnya, nama yang diusulkan tidak hadir saat Konferensi. Meskipun dijelaskan bila yang bersangkutan telah memberikan mandat kesediaannya.

Akhirnya hanya dua nama yang berhak maju sebagai Ketua Dewan Kehormatan. Meskipun pada akhirnya, Bagus Atas Aji inipun memutuskan untuk tidak bersedia dicalonkan sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI.

Menyusul ketidakkesediaan Bagus Atas Aji untuk dicalonkan, secara otomatis Anjar Hari Wartono secara aklamasi terpilih duduk sebagai Ketua Dewan Kehormatan. Meskipun awalnya Anjar Hari Wartono sendiri pesimis terpilih.

"Kalau saya ada yang memilih, saya bersedia dicalonkan. Tapi kalau tidak ada yang memilih, masak saya mencalonkan,"papar Anjar yang disambut tawa para perserta Konferensi, Sabtu (2/7/2022).

Pimpinan Sidang, Sodiq mengatakan berdasarkan hasil pemilihan tersebut, keduanya diberi hak untuk memilih anggota formatur guna memilih personil sekretaris dan bendahara serta kelengkapan pengurus.

Adapun untuk formatur dipilih lima orang berdasar sejumlah unsur di antaranya unsur keterwakilan perempuan dan unsur keterwakilan daerah. Selanjutnya dua ketua terpilih segera mengadakan rapat dan selambat-lambatnya satu minggu segera diputuskan personel lengkap semua pengurus PWI Surakarta.

Sementara itu Ketua PWI Surakarta terpilih, Anas Syahirul menyambut baik amanah tersebut dan komitmen untuk membawa PWI Surakarta kedepan lebih baik lebih maju.

“Kami berkomitmen mari bersama-sama membawa PWI Surakarta makin sukses,” ungkap Anas Syahirul.

Wakil Ketua PWI Pusat, Zulkifli yang hadir pada acara tersebut meminta agar pengurus baru segera merampungkan susunan pengurus secara lengkap sesuai tata-tertib PWI.

“Kami bangga menyaksikan langsung proses pemilihan Ketua PWI Surakarta yang demokratis dan boleh dikata berlangsung cepat lancar,” tandas Zulkifli.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut