get app
inews
Aa Read Next : 7 Keutamaan Dahsyat Puasa Syawal yang Tak Kamu Ketahui, Apa Saja?

Khutbah Jumat Tentang Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Jum'at, 01 Juli 2022 | 06:00 WIB
header img
Khutbah Jumat (iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Agama secara resmi menetapkan awal bulan Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat bertepatan tanggal 1 Juli 2022.

Bulan Duzlhijjah merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dan masuk asyhurul hurum atau bulan yang diaramkan untuk berbuat maksiat, kerusakan maupun pembunuhan.

Allah SWT berfirman:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang empat itu dan perangilah kaum musyrik itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kalian semuanya; dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa". (QS. At Taubah: 36)

Amalan ibadah yang dilakukan di Bulan Dzulhijjah terutama di 10 hari pertama bulan mulia ini sangat besar. Beberapa amalan ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan yakni, puasa 9 hari termasuk Puasa Tarwiyah dan Arafah, melaksanakan ibadah haji dan umrah, berdzikir, sedekah, shalat Idul Adha, dan kurban.

Berikut teks Khutbah Jumat tentang Keutamaan Bulan Dzulhijah dikutip dari kemenag.go.id

اْلحَمْدُ للهِ ثُمَّ اْلحَمْدُ للهِ، وَسَلاَمٌ عَلَى عِبَادِهِ اَّلذِيْنَ اصْطَفَى، الحَمْدُ للهِ اْلوَاحِدِ اْلأَحَدِ اْلفَرْدِ الصَّمَدِ اَّلذِيْ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَّهُ كُفُوًّا أَحَدٌ، أَحْمَدُهُ تَعَالَى وَأَسْتَهْدِيْهِ وَأَسْتَغْفِرُهُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ وَأَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَهُوَ اْلمُهْتَدِ وَمَنْ يُّضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُ وَلِيًّا مُّرْشِدًا . وَالصَّلاَةُ والسَّلاَمُ عَلَى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَعَظِيْمِنَا وَقُرَّةِ أَعْيُنِنَا محَمَّدٍ بَعَثَهُ اللهُ رَحْمَةً لِّلْعَالَمِيْنَ هَادِ يًا وَّمُبَشِّرا وَّنَذِيْرًا وَدَاعِيًا إِلَى اللهِ بِإِذْنِهِ سِرَاجًا وَّهَّاجًاوَّقَمَرًا مُّنِيْرًا ، فَهَدَى اللهُ بِهِ اْلأُمَّةَ وَكَشَفَ بِهِ عَنْهَا الغُمَّةَ وَبَلَّغَ الرِّسَالَةَ وَأَدَّى اْلأَمَانَةَ وَنَصَحَ اْلأُمَّةَ فَجَزَاهُ اللهُ عَنَّا خَيْرَ مَا جَزَى نَبِيًّا مِنْ أَنْبِيَائِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى كُلِّ رَسُوْلٍ أَرْسَلَهُ.

أما بعدُ، أُوْصِي نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ فَاتَّقُوْهُ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ تَعَاَلى يَقُوْلُ فِي القُرْءَانِ اْلكَرِيمِ : يَاأَيُّهَا اَّلذِيْنَ ءَامَنُوْا اتَّقُوااللَه حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Marilah kita memperkuat keimanan kita dengan taqwa, senantiasa berusaha menjalankan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan Allah di mana pun dan kapan pun kita berada.

Hadirin Rahimakumullah

Marilah kita memperkuat keimanan kita dengan taqwa, senantiasa berusaha menjalankan perintah-perintah Allah dan meninggalkan larangan-larangan Allah di mana pun dan kapan pun kita berada.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut