get app
inews
Aa Read Next : 55 Warga Mojogedang Karanganyar Keracunan Massal Usai Hadiri Acara Hajatan

Empat Serangga Tanpa Sadar Masuk ke Dalam Tubuh Lewat Buah Atau Makanan, Apa Saja Itu?

Rabu, 29 Juni 2022 | 17:16 WIB
header img
Tanpa di sadari empat jenis serangga ini terkadang masuk kedalam tubuh lewat manakan atau buah yang dikomsumsi (Foto: ilustrasi/Pixebay)

KARANGANYAR,iNews.id - Tahukah kamu tanpa kita sadar terkadang serangga yang ada di makanan, seperti sayuran dan buah ikut termakan.  Karena tak begitu terlihat oleh mata telanjang, serangga yang menempel pada makanan ikut masuk kedalam perut.

Reaksi dari ikut termakannya hewan itu bagi tubuh memang tidak begitu terasa. Namun lambat laun dampak negatif dari serangga yang ikut termakan akan dirasakan tubuh, diantarannya alergi.

Untuk itulah, disarankan agar untuk tidak sembarangan makan di luar. Kalaupun memasak sendiri, pastikan sayuran atau buah yang dibeli, benar-benar di cuci sampai bersih. Meskipun ada juga serangga yang menempel pada buah atau sayuran ini tidak mati begitu saja walapun terkena air.

Lantas hewan apa saja yang tanpa kita sadari ikut terkomsumsi kedalam tubuh saat makanan itu dimakan. Berikut ada empat serangga yang tanpa kita sadari masuk kedalam tubuh dihimpun dari berbagai sumber.

1. Belatung

Belatung mahluk ini berukuran sangat kecil sekali. Bentuknya yang tak terlihat oleh mata, tumbuh subur dalam makanan kaleng, seperti jamur kalengan, tomat kalengan, pasta tomat, dan saus piza.

2. Kutu Daun

Selain tak terlihat oleh mata karena ukurannya sangat kecil, kutu daun inipun warnanya sama persis dengan sayuran, berwarna hijau. Karena itu, hewan ini bisa dengan leluasa hingga di dalam sayuran seperti bayam, brokoli, dan kubis. 

Dan tanpa sadar, serangga inipun ikut masuk kedalam tubuh saat sayuran ini di komsumsi. Untuk itu, pastikan sayur yang dibeli benar-benar dicuci sampai bersih. Agar hewan kutu daun tidak ikut termakan.

3. Lalat buah

Lalat buah ini juga tanpa disadari ikut masuk kedalam tubuh. Pasalnya, Lalat buah hidup pada buah-buahan. Meski telah dicuci dengan air sekalipun, hewan ini tidak akan hilang begitu saja. Apalagi bila buah ini anda jadikan jus. Setidaknya ada 35 telur lalat buah ikut terminum.

4. Ulat daun

Ulat daun bisa ditemui pada sayuran seperti bayam. Karena memang ulat daun banyak hidup dijenis makanan tersebut. Tidak mudah untuk memasak bayam yang bebas dari ulat. Tapi jangan khawatir, meski serangga ini ikut masuk kedalam perut, namun tidak akan menimbulkan efek yang cukup berarti bagi tubuh.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut