get app
inews
Aa Read Next : Respon Presiden Jokowi Soal TikTok Gerus Omzet Pedagang Pasar Tanah Abang

Jokowi Beri Lampu Hijau Tuan Rumah Piala Asia 2023, Empat Negara Ini Bakal jadi Pesaing Indonesia

Rabu, 29 Juni 2022 | 10:59 WIB
header img
Indonesia bakal bersaing dengan empat negara lainnya yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. (Foto: Arif Julianto/Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id- Indonesia resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah putaran final Piala Asia 2023. 

Nantinya, Indonesia bakal bersaing dengan empat negara lainnya yang juga mengajukan sebagai tuan rumah pengganti Cina yang mengundurkan diri sebagai tuan rumah menyusul pandemi Covid di negeri tirai bambu yang belum juga bisa dikendalikan.

Keempat negara yang juga mengajukan diri menjadi tuan rumah adalah Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Qatar.

Pengajuan sebagai tuan rumah dilakukan Indonesia setelah Presiden Joko Widodo memberikan lampu hijau.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Amali menyebut PSSI meminta arahan pemerintah untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Menurutnya, permintaan itu langsung disampaikan ke Jokowi dan disetujui.

“Jadi ada permintaan persetujuan dari PSSI untuk kita mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Apa yang disampaikan (PSSI) saya langsung laporkan ke Pak Presiden untuk minta arahan,” ujar Menpora Amali kepada awak media, Selasa (28/6/2022).

Menpora Amali mengatakan PSSI langsung akan berkoordinasi dengan AFC hari ini. PSSI bakal menyampaikan kesediaan Indonesia untuk menjadi tuan rumah.

“Nantinya, mereka (PSSI) akan menyampaikan surat dari PSSI untuk menjadi tuan rumah,” ujarnya. 

Setelah Cina mundur sebagai tuan rumah, AFC pun mempersilakan negara-negara yang telah lolos ke putaran final untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah. Nantinya negara yang mengajukan diri akan diuji kelayakan pada Juli mendatang.

Publik tentunya berharap gelaran Piala Asia 2023 bisa diselenggarakan di Indonesia. Dengan begitu, Timnas Indonesia bakal mendapatkan dukungan penuh suporter Tanah Air ketika berkiprah di ajang bergengsi tersebut.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Berita iNews Karanganyar di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut