get app
inews
Aa Read Next : Cerita Misteri Kerajaan Jin di Kawah Putih, Bikin Merinding Bulu Kuduk 

Begini Kisah Misteri Kedung di Sungai Bengawan Solo Hingga Dikeramatkan

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:44 WIB
header img
Kisah misteri Kedung di Sungai Bengawan Solo yang dikeramatkan (Foto: iNewskaranganyar.id/Bramantyo)

KARANGANYAR, iNews.ID - Sungai Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa. Bengawan dalam bahasa Jawa berarti sungai yang besar.

Berhulu di daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri Jawa Tengah dan bermuara di daerah Gresik. Mengalir di 17 kabupaten dan kota dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Dibalik Sungai yang terkenal hingga ke negeri Sakura, Jepang, terdapat mitos berkembang dan diyakini warga yang tinggal di sepanjang Bengawan Solo.  Uniknya, tiap daerah yang dilalui, memiliki mitos sendiri-sendiri tentang sungai Bengawan Solo.

Di wilayah Soloraya misalnya, mitos yang berkembang di masyarakat adalah keberadaan siluman buaya putih di salah satu desa. Mitos buaya putih ini dikaikan dengan cerita Joko Tingkir, Raja dari Kerajaan Pajang yang sempat berduel dengan puluhan Buaya saat mengarungi sungai Bengawan Solo. 

Siluman itu mengincar orang-orang yang mandi di Sungai Bengawan Solo. Kemudian ada juga mitos yang berkembang di masyarakat terkait Bengawan Solo ini di daerah Ngawi, Jawa Timur.  Konon salah satu lokasi yang dikeramatkan dari Sungai Bengawan Solo berada di utara Ngawi, yang dinamakan Kerek.

Editor : Ditya Arnanta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut