Ketahui Jenis dan Arti Sirine Ambulans yang Harus Diketahui Masyarakat

Wasis wibowo
Kenali 4 jenis sirine ambulance (Foto: ilustrasi/Pixebay)

JAKARTA, iNews.id - Keberadaan ambulan memiliki arti penting untuk membantu masyarakat salah satunya terkait layanan kesehatan dan emergency.

Ambulans adalah kendaraan transportasi gawat darurat medis khusus orang sakit atau cedera, dari satu tempat ke tempat lain guna perawatan medis.

Kendaraan jenis ini dilengkapi dengan sirene dan lampu berwarna merah dan biru gawat darurat agar dapat menembus kemacetan lalu lintas. Lalu kendaraan ini merupakan salah satu prioritas di lalu lintas dan memiliki hak untuk melanggar peraturan lalu lintas. 

Ada berbagai jenis suara sirine ambulans dan memiliki arti tersendiri. Mobil ambulans punya bermacam bunyi sirine agar pengendara di sekitarnya mengetahui makna dan fungsinya.

Memahami berbagai jenis bunyi sirene ambulans sangat penting agar untuk membantu petugas medis dan orang yang membutuhkan pertolongan. 

Inilah jenis suara sirene ambulans dan artinya yang perlu diketahui oleh masyarakat dikutip dari laman karoseriambulance. 

1. Ambulans Sedang Menjemput Pasien

Suara yang dikeluarkan mirip dengan bunyi palang perlintasan kereta api. Maknanya adalah kendaraan ambulans sedang menjemput pasien sakit maupun korban kecelakaan yang membutuhkan pertolongan. 

2. Membawa Pasien Tidak Gawat Darurat

Suara sirene terdengar berulang-ulang dengan nada irama yang tidak terlalu kencang atau normal. Makna salah satu dari suara sirine tersebut yaitu mobil ambulans berjalan membawa pasien dalam kondisi non emergency. Kendati demikian jika mendengar suara tersebut pengendara lain wajib memberikan akses jalan.

Editor : Ditya Arnanta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network