Deretan 6 PO Bus Gunakan Nama Pemiliknya, Nomor 1 Dikenal Dermawan Rutin Santuni Anak Yatim

Tangguh Yudha
Deretan 6 PO Bus Pakai Nama Pemilik Sendiri, Nomor 1 Dikenal Dermawan Rutin Santuni Anak Yatim dan Bangun Masjid (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Moda transportasi yang saat ini tengah digemari adalah bus. Bus menjadi primadona baru dengan sejumlah kenyamanan yang diberika.

Apalagi saat ini bus tak hanya menawarkan fasilitas pendingin sematan. Namun, kini bus memberikan perlayanan mewah dengan armada yang cukup canggih. Sehingga masyarakat memilih bus tidak hanya cepat, tapi juga nyaman selama perjalanan.

Satu hal yang menarik, beberapa PO bus memiliki nama sesuai dengan identitas pemiliknya.  PO bus apa saja yang memiliki nama sesuai pemiliknya? Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber berikut deretan PO bus dengan nama sang pemilik. 

1. PO Haryanto


Bus gunakan nama pemilik (Foto: IG)

PO bus yang memakai nama pemiliknya pertama adalah PO Haryanto. Berasal dari Kudus, Jawa Tengah, PO bus ini sudah berdiri sejak pertengahan 2002 diberi nama sesuai nama pemiliknya, Haji Haryanto.  

PO bus tersebut diketahui memiliki lebih dari 300 unit kendaraan dan 2.000 karyawan. H Haryanto dikenal dermawan rajin menyantuni ribuan anak yatim, memberangkatkan umrah karyawan, serta membangun masjid setiap tahun.

Dia tidak ingin usahanya hanya sebagai ladang bisnis, tapi juga ladang ibadah.  

2. PO AKAS


Bus gunakan nama pemiliknya (Foto: IG)

PO bus lain yang memakai nama pemiliknya adalah PO AKAS. Sudah eksis sejak 1956, nama AKAS merupakan singkatan dari Ali Karman Amat Saudara yang diambil dari nama sang pemilik, Ali Karman Amat. Berkantor di Jawa Timur, PO ini memiliki lebih dari 1.500 unit bus.

3. PO Wijaya Tour


PO Bus ini gunakan nama pemilik sendiri (Foto: IG)

PO bus yang memakai nama pemiliknya adalah PO Wijaya Tour. PO bus asal Jombang, ini didirikan sang pemilik yang akrab disapa Om Wijaya. 

4. PO Safari Dharma Raya (OBL)


Bus malam Safari Dharma Raya (Foto: Tangkapan Layar Instagram)

PO bus yang memakai nama pemilik selanjutnya adalah PO OBL, atau dikenal dengan nama Safari Dharma Raya. Saat didirikan pada 1950-an, PO bus ini mengusung nama OBL akronim dari nama sang pemilik, Oei Bie Lay. Satu hal yang unik dari PO ini adalah gambar empat ekor gajah yang tak pernah absen dari bodi armada mereka. 5. PO Citra Dewi

PO bus yang memakai nama pemilik selanjutnya adalah PO Citra Dewi. Perusahaan otobus asal Semarang ini dimiliki seorang perempuan yang akrab disapa Mbak Citra. Selain sukses memegang PO bus, Mbak Citra diketahui mengambil kuliah jurusan kedokteran. 

6. PO Bus Lorena


Bus malam Lorena (Foto: Tangkapan Layar Instagram)

PO Bus lain yang diambil dari nama pemiliknya adalah Lorena. PO bus tersebut diambil dari nama tengah Eka Sari Lorena Soerbakti.  Perempuan kelahiran 3 Juni 1969 ini adalah pimpinan salah satu perusahaan angkutan darat terbesar di Indonesia, yaitu PT Eka Sari Lorena yang didirikan ayahnya, GT Soerbakti.

Pada 2010, Eka Sari Lorena menduduki jabatan sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Organisasi Angkutan Darat (DPP Organda) periode 2010—2015. Lulusan Univeristas San Fransisco, Amerika Serikat ini tidak segan terjun langsung ke lapangan menyapa para sopir bus. 

Editor : Ditya Arnanta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network